Header Ads

Disperindag Ikut Rakernas Dekranas & Pameran Produk Kerajinan



Jurnal,Manado - Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengikuti rangkaian kegiatan Dekranas yang memperingati hari jadinya yang ke-36 tahun. Kegiatan yang dilaksanakan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yakni Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan juga pameran produk – produk dari perajin Dekranas yang dilaksanakan di Convention Hall SME Tower, Jakarta.

Pembukaan Rakernas Dekranas ini dilakukan oleh Ibu Negara Iriana Jokowi ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Dekranas Ibu Mufidah Kalla. Selain itu, pelaksanaan pameran akan berlangsung 17 hingga 21 Mei 2016 dengan mengusung tema  “Perajin DEKRANAS kreatif di Dunia Digital”. Tema kali ini sejalan dengan  mulai berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sejak awal tahun 2016.

Ibu negara dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui gelar pameran Dekranas kali ini diharapkan  mendorong produk kerajinan indonesia untuk bersaing dengan produk sejenis yang berasal dari negara ASEAN lainnya, seperti Thailand dan Vietnam. Selanjutnya Pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Ibu Wapres Mufidah Kalla selaku Ketua Dekranas  dan diserahkan langsung kepada Ibu Negara Iriana Jokowi yang  menandai dimulainya acara Rakernas dan gelar produk.

Selanjutnya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ruddie Lengkong SSTP yang memimpin tim Kota Tomohon dalam kegiatan ini, mengatakan keikut sertaan Kota Tomohon dalam Rakernas dan Pameran ini menjadi momen penting untuk perubahan konsep pameran secara signifikan dengan mengedepankan edukasi dan pelatihan. Kesempatan ini pula dimanfaatkan untuk menggaungkan pelaksanaan iven TIFF 2016. Selain menyajikan produk – produk unggulan Dekranas yang berasal dari seluruh Indonesia, juga menampilkan karya dan inovasi terbaik anak-anak bangsa.

Sementara itu dalam pameran ini Stand Kota Tomohon yang menyatu dengan stand Provinsi Sulawesi Utara banyak menarik minat para pengunjung untuk melihat hasil-hasil kerajinan khas Tomohon bahkan stand ini menjadi primadona para pengunjung karena pada umumnya pengunjung menanyakan dan mencari informasi seputar Kota Sejuk Tomohon dengan semua hasil kerajinannya. Hal ini juga didorong oleh pelaksanaan Tomohon International Flower Festival 2016 yang tidak lama lagi. Karena menurut mereka Tomohon Identik dengan Kota Bunga yang terkenal dengan parade kendaraan hias Bunga, Gunung Api Lokon dan Danau warna Warni Linou.  

Dekranas ini menjadi wadah berhimpunnya para penggiat industri kerajinan nasional dan dapat dikatakan sebagai salah satu pioner. Sejak berdirinya tanggal 3 Maret 1980, Dekranas menjadi elemen penggerak di industri kerajinan dan telah menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan tradisi dan warisan budaya dalam membuat kerajinan yang semakin bermutu dan berdaya saing di seluruh wilayah nusantara.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas diikuti oleh hampir 800 peserta diantaranya para Ketua Dekranasda Provinsi, Kabupaten dan Kota serta anggota ataupun pengurus Dekranas Pusat. Acara pokok rakernas adalah diseminasi program masing – masing bidang dalam organisasi Dekranas sambil menghimpun laporan dari Dekranasda Provinsi seluruh Indonesia.

Pada kesempatan ini Juga Dekranas mempersembahkan karya berupa penerbitan majalah Kriya edisi ulang tahun Dekranas ke 36 dengan judul “Khazanah Tenun Nusantara”, Membangkitkan Warisan Budaya Indonesia. Dekranas berharap masyarakat Indonesia tetap cinta tenun nusantara, dan  menggunakan produk kerajinan Indonesia yang nantinya akan berefek yang sangat Baik bagi kesejahteraan perajin  di Indonesia.

Dalam Kesempatan Ini Juga acara ini tampak hadir, Menteri Perindusrtian Saleh Husin, Dirjen IKM Kemenperin Euis Saedah, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja) yang merupakan paguyuban isteri-isteri Menteri Kabinet Kerja, Ibu Try Sutrisno, Ibu Umar Wirahadikusumah serta Ibu Herawati Boediono serta pejabat tinggi lainnya.(*/michael)

No comments

Powered by Blogger.