Header Ads

Mahasiswa Fakultas Peternakan Praktek Lapangan di Mitra

Jurnal,Ratahan - Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Samratulangi Manado (Unsrat) melakukan praktek kerja lapangan di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Rombongan mahasiswa tersebut, disambut Asisten II Setdakab Mitra Piether Owu sekaligus membuka kegiatan selama dua hari (Kamis - Jumat), di Auditorium Setdakab Mitra, Kamis (12/5/2016).

Mewakili Bupati, Owu menyampaikan selamat datang bagi mahasiswa Peternakan bersama dosen pembimbing untuk melakukan praktek lapangan di daerah ini.
"Kami pemerintah sangat menunjang kegiatan praktek lapangan seperti ini. Sebab, masyarakat di daerah ini juga perlu untuk mengetahui terkait menajement peternakan," kata Owu.

Selaku pemerintah, Owu mengharapkan kegiatan praktek lapangan ini dapat mengangkat serta mengembangkan potensi peternakan daerah Mitra.
"Supaya setelah selesai praktek lapangan, masyarakat dapat ketambahan ilmu management khusus peternakan dan bisa mengembangkan itu untuk sebuah usaha," tuturnya.

Sementara, Ketua Panitia Praktek Lapangan, Rizard Montong didampingi Ir Jhon Umboh M.Sc menjelaskan, pihaknya sengaja memilih daerah Mitra, karena melihat khusus untuk peternakan Mitra sangat berpotensi.
"Peternakan di Mitra sangat berpotensi sekali. Makanya kami sengaja praktek di sini," katanya.

Lanjut dia, dalam prakte lapangan nanti, pihaknya nanti akan mempraktekkan di masyarakat bagaimana cara menyusun pakan ternak, kastrasi babi, ayam serta sapi.
"Ditambah penanaman pakan hijauan setya vaksin rabies," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, memaparkan kepada masyarakat bagaimana menerapkan manajement usaha peternakan.
"Untuk sasaran di Desa Watuliney (Belang) dan Desa Rasi (Ratahan). Kami juga di dua desa tersebut akan melakukan vaksinasi gratis bagi hewan anjing dan kucing, tentunya di dampingi vaksinator," sebutnya.
Dia juga menambahkan, dalam praktek lapangan tersebut pihaknya melakukan pengobatan gratis bagi hewan ternak warga.
"Kegiatan itulah yang kami lakukan. Semoga yang kita lakukan ini akan membawa manfaat bagi masyarakat," tutupnya.

Kepala Distanak Mitra, Elly Sangian melalui Kepala Bidang Peternakan, Donald Lumengkewas berujar, pihaknya juga akan melakukan pemdampingan selama mahasiswa bersama dosen Unsrat, Fakultas Peternakan melakukan kegiatan di daerah ini.
"Kami akan melakukan pendampingan sampai selesai kegiatan," tutup Lumengkewas.(hari)

No comments

Powered by Blogger.