Header Ads

Miras Picu Tingkat Kriminalitas


Pemerhati lingkungan Oke J Sumual

Jurnal,Manado – Perkembangan Kota Manado baik dari populasi penduduk hingga pembangunan infrastruktur semakin pesat. Seiring perkembangan tersebut, tingkat kriminalitas juga ikut meningkat. Tawuran yang berakhir nyawa melayang. Bahkan kasus pemerkosaan semakin marak menghiasi kota dengan visi misi eko wisata ini.

Ironis memang, pada saat pemerintah baik provinsi maupun kota manado terus melakukan terobosan – terobosan baru di dunia pariwisata dan investasi di berbagai bidang, namun  tindakan kriminalitas oleh oknum tertentu menghambat program pemerintah yang notabane untuk menciptakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan dinikmati oleh warganya. Salah satu penghambat dalam pembangunan daerah adalah tingkat keamanan rendah dan tidak kondusifnya suatu daerah.

Tokoh muda pemerhati lingkungan Oke J Sumual mengatakan, program pemerintah dalam dunia pariwisata dan investasi perlu diberikan apresiasi.  Dan harus diakui, semakin banyaknya perhotelan, pusat belanja dan tempat – tempat hiburan, serta perusahan raksasa yang berinvesatasi, memberikan peluang lebih besar bagi penduduk kota dalam bekerja. Namun sayangnya, semuanya dibarengi dengan meningkatnya tingkat kriminalitas. 

“Ini akan berdampak buruk bagi kita sendiri, terutama para investor yang berinvestasi di kota manado. Sebab dengan meningkatnya kriminalitas membuat tidak nyaman dan ancaman bagi para pengusaha dan sektor pariwisata,”terang Sumual, Rabu (18/05/2016)
Menurutnya, salah satu pemicu terbesar kriminalitas adalah minuman keras. 

“Ini harus menjadi perhatian serius pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan aparat kepolisian, TNI,”kata dia.
Harus ada regulasi yang mengatur perederan miras di toko maupun warung – warung kecil. Bahkan bila perlu adanya larangan jualan minuman di tempat tertentu yang dianggap rawan dan pemicu keributan. Juga secara kontinue diberlakukan jam malam.

“Ini penting karena fakta dilapangan, pada umumnya dikalangan anak muda yang suka minum minuman keras. Jika sudah mabuk, pasti akan buat keonaran yang bisa mengancam nyawa. Atau ada juga tindakan kriminal lain seperti pemerkosaan,” tegas lelaki yang akrab dipanggil Cing ini.(man)


No comments

Powered by Blogger.