Header Ads

Penerbangan Rute Manado - Cina Dibuka Juli 2016


Ilustrasi

Jurnal,Manado – Terobosan yang dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, untuk memajukan penerbangan Sulawesi Utara, sangat mumpuni. Terbukti, Juli 2016, penerbangan langsung Manado – Cina akan dibuka.


“3 Juli, penerbangan manado ke 8 kota  besar yaitu Shanghai, Shenzhen, Guangzhou, Makau, Wuhan, Chengdu dan Chongqing, akan dibuka,”terang Olly, Sabtu (14/05/2016), usai melakukan wawancara kepada 20 wartawan asal Tiongkok yang datang meliput di sulut sejak Jumat kemarin.


Bukan hanya itu saja, Gubernur diminta oleh Shanghai TV dan Canton TV untuk diwawancarai ekslusif tentang sulawesi utara dan memaparkan obyek wisata seperti taman laut Bunaken, Danau Linow, Pulau Lih‎aga, Pantai Pall, Pantai Pulisan, keberadaan Tarsius di Tangkoko Bitung serta banyak tempat-tempat wisata di Sulut yang disebutkan. Demikian juga kedekatan budaya hingga makanan khas Sulut ikut dijelaskan Gubernur. Pada kesempatan ini Gubernur mengatakan pihaknya akan mensupport penuh penerbangan langsung Manado ke kota-kota besar di Tiongkok tersebut. 


"Infrastruktur seperti jalan, dermaga dan fasilitas-fasilitas di tempat-tempat wisata akan dibenahi lebih baik, begitu juga kesiapan SDM, seperti tour guide hingga tenaga-tenaga pendukung, termasuk chef untuk masakan hingga pelayanan terhadap turis Tiongkok akan disiapkan," terang Gubernur didampingi Wagub Drs Steven OE Kandouw bersama Ketua Deprop Andre Angouw.


Wagub Steven OE Kandouw menambahkan keberhasilan dibukanya penerbangan Manado ke 8 kota besar di Tiongkok ini, adalah komitmen yang kuat dari Gubernur untuk memajukan pariwisata di Sulut, yang akan berdampak langsung pada peningkatan perekonomian daerah.
"Ini mutlak lobi langsung pak Gubernur," tegas Wagub.


Untuk itu, ia meminta semua SKPD Pemprop Sulut serta pemerintah kabupaten/kota se Sulut untuk sama-sama mendukung serta menopang pembukaan rute Manado-Tiongkok ini.
"Bersama seluruh masyarakat mari kita sambut dengan baik kunjungan ribuan turis Tiongkok ke daerah kita," imbau Wagub. "Begitu pun bagi masyarakat Sulut yang akan berwisata ke luar negeri, kini dapat langsung terbang dari Manado ke Tiongkok, karena perbangannya segera dibuka," tambahnya.


‎Sementara itu Direktur Lion Air Tiongkok William Wu bersama Respresentasi Lion Air Tiongkok Chandra Bong yang diwawancarai terpisah mengatakan, rencananya 10 sampai 12 flight dalam sepekan. Dengan target selama sebulan 80 flight.


“Kami tagetkan setiap tahun sekira 150 juta turis Tiongkok melakukan perjalanan wisata, dengan dibukanya penerbangan ini kami menargetkan 150 ribu hingga 180 ribu turis Tiongkok yang datang ke Sulut," terang Bong.


Sebelumnya, pada Jumat (13/05/2016), Gubernur telah bertata muka dengan pemilik Lion Air Rudi Kirana untuk persiapan penerbangan Manado – Cina.(man)

No comments

Powered by Blogger.