Iklan

May 1, 2016, 15:04 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:41:46Z
Pemerintahan

Selain Resmikan 12 Pelabuhan. Menhub Ingatkan Siapkan Lahan untuk Rel Kereta Api



Jurnal,Manado – Guna menunjang program nawacita pemerintah pusat khususnya di bidang kemaritiman, Menteri Perhubungan RI Ignatius Jonan, mengunjungi Kota Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, untuk meresmikan pengoperasian 12 pelabuhan laut.
Mewakili Presiden RI, Iignatius mengatakan, tol laut adalah angkutan laut yang jadwalnya tetap, dalam rangka menekan disparitas harga barang di indonesia timur, dimana 1000 DWT untuk kapasitas 12 pelabuhan, sedangkan pelabuhan tahuna 5000 DWT, kapal perintis yang melayani pulau-pulau kecil.
“Pengoperasian ini rencananya akan diserahkan ke Pemkab namun harus sesuai syarat yang tercantum dalam permendagri. Terkait rehabilitasi terminal penumpang agar segera direalisasikan demi menopang gerak pembangunan ekonomi daerah, untuk penyelesaian pembangunan bandara naha tahuna dan bandara miangas diperkirakan akan selesai tahun ini,”terang Ignatius.
Untuk penerbangan ke luar negeri, kata Kemenhub, akan keluarkan ijin apabila ada maskapai yang  berminat melakukan penerbangan. Ia juga berharap Menhub pemprov sulut, pemko manado, dan pemko bitung agar menyiapkan lahan dalam rangka pembangunan rel kereta api.

Ditempat yang sama, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan, dengan diresmikannya beberapa pelabuhan di Kabupaten Kepulauan Sangihe sangat membantu masyarakat dalam beraktivitas khususnya meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat sangihe. Selain itu juga pengoperasian kapal ferry dalentaloba, tambahan satu kapal perintis, rehabilitasi terminal penumpang di pelabuhan tahuna, pembangunan pelabuhan manado sebagai pelabuhan yg paling strategis di sulawesi utara, perpanjangan runway bandara naha, pembukaan jalur penerbangan dari manado ke china akan segera dilaksanakan guna menunjang pembangunan Sulawesi Utara.
12 pelabuhan laut yang diresmikan adalah Pelabuhan Tahuna, Petta, Bukide, Kalama, Lipang, Kahakitang, Kawaluso, Matutuang, Kawio, Sawang, Buhias, dan Amurang.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw, Unsur Forkopimda Sulut, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, pejabat eselon II lingkup Pemprov Sulut.(man)