Iklan

May 29, 2016, 05:24 WIB
Last Updated 2016-05-29T13:13:22Z
Tomohon

TIFF 2016 Hebohkan Warga Jakarta

Gubernur dan Wagub didampingi Walikoa Tomohon dan jajaran saat lounching TIFF
Jurnal,Manado - Launching Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016 digelar di Jakarta pusat, tepatnya di Halaman Parkir Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata RI minggu (29/05/2016). Sebelumnya, diawali dengan kegiatan jalan sehat Car Free Day (CFD) sekaligus parade/iringan float atau kendaraan hias mini, masing-masing float Kementerian Pariwisata RI, Provinsi Sulawesi Utara serta float Kota Tomohon dengan mengambil start di depan gedung BNI 46 jalan Jenderal Sudirman. 

Diketahui perhelatan akbar TIFF ini merupakan agenda Nasional tahunan pemerintah Kota Tomohon yang digelar setiap tahun. Tahun ini merupakan yang keenam kalinya dilaksanakan di bulan agustus. 

Dengan bendera start berlogo TIFF rombongan dilepas oleh Menteri Pariwisata RI yang diwakili oleh Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Nusantara Dra Esthy Reko Astuti. Car Free Day yang dilaksanakan oleh pemerintah Kota Tomohon bersama kementerian pariwisata menjadi pusat perhatian warga Jakarta,  ada yang membaur ada juga yang langsung menyaksikan berbagai atraksi seperti tarian perang Minahasa (kabasaran) float, atraksi katreli, para ibu-ibu yang berkebaya motif bunga dan atraksi lainnya yang membuat warga ibu kota terkagum-kagung, bahkan banyak warga yang sementara jalan pagi disekitar jalan sudirman ikut bergabung, nampak ribuan pejalan kaki dan bersepeda memedati jalan yang menjadi jalur CFD. 

“Wah Kota Tomohon memang hebat, itulah kata-kata yang terdengar dari beberapa masyarakat Jakarta yang menyaksikan atraksi dalam parade. Yang lebih menarik para warga kawanua di Jakarta ambil bagian dalam kegiatan.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE bersama Wakil Gubernur Drs Steven Kandow bersama ibu, ambil bagian juga dalam kegiatan Car Free Day. Disela Launching Gubernur Sulut dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Gubernur mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Sulut saat ini fokus dalam mengembangkan sektor pariwisata termasuk di Kota Tomohon, bahkan dengan adanya TIFF hal ini sangat memberikan nilai positif bagi masyarakat pada umumnya, sehingga tahun depan ditargetkan I juta wisatawan luar negeri akan tertarik dan mengunjungi Sulut, yang pasti didalamnya Kota Tomohon, Kata Kandouw.

“10 % saja dari satu juta wisatawan ke Kota Tomohon ini akan sangat membanggakan, “semakin banyak wisatawan datang ke Tomohon semakin besar juga PADnya, tambahnya. Kegiatan TIFF ini juga pastinya akan menjadi motivasi kepada daerah lain di Sulut dalam membuat kegiatan yang akan berpotensi daya Tarik pariwista. “Semoga adanya TIFF akan turut menjadi acuan kepada daerah lain untuk membuat agenda lain di Sulut, yang menarik minat para wisatawan dalam maupun luar negeri, ujar Kandouw.

Sementara itu Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menuturkan Kegiatan TIFF adalah kegiatan yang mendukung program kementerian pariwisata berupa pesona nusantara dan wonderfull Indonesia, disamping itu untuk mendukung program provinsi Sulut, salah satunya untuk menghadirkan I juta turis di sulut.

“Diharapkan dengan adanya TIFF akan dapat mendukung target pemerintah Provinsi sehingga Sulut akan menjadi provinsi destinasi wisata termasuk Kota Tomohon, selain itu akan menjadi ajang yang efektif dan efisien dalam memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata serta industri pendukungnya serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ucap Eman. Ditambahkannya Sejalalan dengan program strategis kementerian pariwisata RI, pemerintah Kota Tomohon telah menetapkan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan yang diandalakan untuk kemajuan pembangunan Kota Tomohon dalam segala bidang.

Saat bersamaan Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan selaku ketua panitia TIFF memberikan apresiasi kepada pihak kementerian pariwisata yang mendukung, sepenuhnya kegiatan launching dan konfrensi pers. “Saya berharap akan terus terjain kerjasama dan sinergitas dalam mengembangkan pariwisata Nusantara, khusunya penyelenggaraan TIFF 2016. Sompotan menambahkan saat ini sudah 25 peserta yang sudah mendaftar untuk ikut ambil bagian dalam Tournamen Of Flower (TOF) yang merupakan bagian dari rangkaian TIFF selain itu ada berbagai agenda lainnya yang akan digelar.

Sebelumnya Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Nusantara Dra Esthy Reko Astuti mengatakan pihaknya tentunya merespon daerah-daerah yang menjadi kebijakan utama destinasi wisata, untuk pembangunan sektor pariwisata. Diharapkan daerah tetap konsen dalam mengembangkan sektor pariwistanya, ujar Astuti.

Launching ditandai dengan peluncuran balon berlogokan TIFF 2016, disamping itu dilaksanakann penyerahan kain batik bermotifkan Tomohon yang diproduksi oleh Wale Batik Minahasa, serta penyerahan palakat kepada pihak Kementerian Pariwisata oleh Walikota Tomohon. Hadir dalam kegiatan tersebut Assisten Deputi Pengembangan Sekmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata Rasena Arya SE MM, Ketua DPRD Sulut Andrey Angow, Walikota Bitung Maximiliaan Lomban SE MSi, Dirut Bank SulutGo Johanes Salibana SE, Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky Wenur bersama para anggota DPRD, Kapolres Kota Tomohon AKBP Monang Simanjuntak SIK, unsur jajaran Pemerintah Kota Tomohon bersama perwakilan SKPD Pemkot Tomohon, para anggota rukun/organisasi kawanua di Jakarta.(michael)