Iklan

May 27, 2016, 03:57 WIB
Last Updated 2016-05-28T11:08:51Z
Tomohon

Tomohon Kembali Raih WTP



Walikota dan Wakil menerima Opini WTP dari  BPK RI Endang Tuti Kardini SE MM

Jurnal,Manado - Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Utara Ibu Endang Tuti Kardini SE MM, Jumat (27/05/2016), menyerahkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak bersama Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan dan Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky J Wenur, yang turut disaksikan jajaran Pemkot Kota Tomohon.

“Opini yang diberikan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah kota Tomohon, Tahun Anggaran 2015 adalah Opini Wajar Tanpa Pengecualian (Unqualified opinion).Selamat dan sukses kepada Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak bersama jajaran pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon yang kembali meraih Opini WTP,”ucap Endang.

BPK mengharapkan rekomendasi atas Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan BPK yang baru saja diserahkan terimakan tersebut agar dapat segera di tindak lanjuti oleh DPRD dan Pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya masing-masing sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004. Selanjutnya LHP yang telah diserahkan dapat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah dan bagi DPRD Kota Tomohon, LHP ini dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam mengjalankan fungsi pengawasan.

Walikota dalam sambutannya mengatakan Kota Tomohon merupakan Kota pertama di Sulawesi Utara yang telah menerima hasil penilaian dari BPK di antara 15 kabupaten dan kota yang ada di Sulut, Tomohon juga yang pertama di Indonesia yang telah menerima LHP dari BPK RI pada hari ini yang meraih WTP.

“Dari hati yang tulus, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BPK RI Provinsi Sulawesi Utara. Ini adalah kado yang sempurna karena merupakan bagian dari keberhasilan kami dalam kepemimpinan selama seratus hari sejak di lantik sebagai walikota dan wakil walikota Tomohon pada tanggal 17 Februari 2016 yang lalu,” ucap eman.

“Kami juga mengucapkan terima kasih karena sudah tiga tahun berturut-turut meraih opini WTP meskipun beberapa tahun sebelumnya Tomohon mendapat opini disclaimer. Ini merupakan keberhasilan semua pihak bukan hanya jajaran pemerintah Kota Tomohon. Dari sisi keterbukaan maka teguran-teguran dan arahan dari tim BPK RI ini juga yang membuat Kota Tomohon berhasil. Sebab tanpa ruang yang terbuka untuk melakukan konsultasi yang baik maka prestasi ini akan sulit kita dapat dan komitmen ini merupakan komitmen yang luar biasa,” tambahnya.

Eman mengakui ada Sembilan yang merupakan kelemahan dalam disain dan penerapan system pengendalian intern dan sebanyak empat belas temuan yang terkait kepatuhan terhadap perundang-undangan, namun temuan-temuan tersebut menurut BPK secara langsung tidak berpengaruh terhadap laporan keuangan dan pemberian opini WTP. Oleh karena itu Walikota menegaskan Pemerintah Kota Tomohon tentu siap untuk menindak lanjuti ini bersama-sama.

Sebelumnya Ketua DPRD Ir Miky Junita Wenur dalam sambutanya memberikan ucapan selamat kepada Walikota Tomohon dan jajarannya yang kembali meraih WTP menurutnya ini merupakan kewajiban yang harus di capai oleh Pemerintah Kota Tomohon.(michael)