Iklan

May 3, 2016, 15:35 WIB
Last Updated 2016-05-03T22:35:37Z
Tomohon

Walikota Ingatkan Pentingnya Retribusi


Walikota dan Wakil Walikota dalamvkegiatan PPKBMD

Jurnal,Manado - Walikota Tomohon Jimmy F. Eman,SE.Ak didampingi Wakil Walikota Tomohon syerly A. Sompotan menghadiri kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas PPKBMD melalui Bidang Retribusi dan bertempat di Aula Megfa Kecamatan Tomohon Selatan.
Dalam sambutannya, Eman mengatakan, pembangunan tidak dapat dipisahkan baik dengan pajak daerah maupun retribusi daerah, masing - masing memiliki ketergantungan, saling menopang serta menjadi kunci bagi kemajuan daerah dalam upaya menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan bersama.
“Retribusi jasa umum adalah jasa yang disediakan atau diberikan oleh pemerintah daerah untuk tujuan kepentingan dan kemanfaatan umum serta dapat dinikmati oleh pribadi atau badan, maka untuk melakukan pungutan retribusi jasa umum pemerintah harus terlebih dahulu memberikan dan menyediakan sarana dan prasaranan serta fasilitas pelayanan kepada orang pribadi atau badan,” terang Eman.
Pemerintah kota Tomohon  mengharapkan dari SKPD dan pengusaha serta seluruh elemen masyarakat yang semuanya adalah pelaku jasa umum di kota Tomohon agar lebih memahami dan mengerti akan kewajibannya untuk membayar retribusi jasa umum, dan bagi dinas, badan, kantor, bagian yang ada di Kota Tomohon untuk menjadi pelopor dalam pembayaran retribusi jasa umum, serta dimintakan juga kepada para camat dan lurah agar terus menerus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya membayar retribusi jasa umum.
Sementara Kadis DPPKBMD DR. Juliana D. Karwur,M.Si dalam laporannya mengatakan ,retribusi merupakan salah satu sumber dana sebagai penunjang pembangunan di daerah, dan oleh karena itu dipandang perlu untuk melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang retribusi guna kelancaran pembangunan di daerah.

Selesai sambutannya Walikota dan Wakil Walikota Tomohon secara simbolis menyerahkan kartu langganan persampahan kepada para lurah perwakilan seluruh kecamatan di kota Tomohon.

Hadir pula dalam kegiatan ini Asisten I Dra. Truusje kaunang, Asisten III Ir. H.V. Lolowang, M.Sc, para kepala SKPD serta staf perwakilan tiap-tiap SKPD, para camat dan Lurah, dari unsur Perbankan dan pengusaha serta perwakilan masyarakat.(mic)