Header Ads

Gubernur Dampingi Walikota Manado dan Wakil Walikota Bitung Rapat Bersama Watimpres


Rapat bersama Watimpres

Jurnal,Manado - Pengembangan pelabuhan yang ditergatkan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw (ODSK) mendapat perhatian serius Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Terbukti, dengan kehadiran Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Sulut, Kamis (02/06/2016). 

Kedatangan tim yang dipimpin langsung Ketua Wantimpres DR Sri Adiningsih ini berimbas pada bakal mulusnya dana Rp 1 triliun dari APBN untuk pengembangan pelabuhan di Kota Manado dan Kota Bitung. Kehadiran ini pun untuk meninjau lapangan dan mendengar presentasi dari kepala daerah. Pada pertemuan sekira 2 jam lebih di ruangan kerja Gubernur, secara umum dijelaskan Gubernur soal rencana pengembangan pelabuhan di Kota Manado dan Kota Bitung. 

Ikut hadir Wali Kota Manado DR Ir Vicky Lumentut(GSVL) serta Wakil Walikota Bitung Drs Maurits Mantiri. Gubernur mengatakan sesuai pembicaraan dengan tim Wantimpres, Pelabuhan Manado akan dikhususkan menjadi pelabuhan pariwisata. "Fokus pada pelabuhan pariwisata, kapal-kapal seperti yacht yang akan berlabuh di pelabuhan Manado," terang Gubernur.
"Untuk pelabuhan penumpang akan dipindahkan ke lokasi di Manado Utara, atau sekitar PPI (Pelabuhan Pelelangan Ikan) di Tuminting," tambahnya.

Lanjut Gubernur, untuk pelabuhan Bitung akan difokuskan pada pelabuhan barang, khusus container dan mensupport pelabuhan KEK. "Untuk di Bitung difokuskan pada pelabuhan barang. Dengan demikian pemerataraan Imbas dari pengembangan pelabuhan akan terjadi di Kota Manado dan Bitung," harapnya.
Disinggung soal anggaran yang akan digunakan, kata Gubernur sekira Rp 1 triliun yang bersumber dari APBN. "Pengembangan ini akan dilakukan oleh PT Pelindo, untuk itu anggarannya akan masuk melalui PMN, setelah itu pembangunan pelabuhan akan dilakukan," tutup Gubernur. 

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut dan Wawali Bitung Maurits Mantiri mengaku sangat mensupport program yang dilakukan Pemprop Sulut. "Ini jelas akan berdampak positif pada pembangunan serta sektor ekonomi kota akan semakin meningkat pesat,"ujar Walikota GSVL dan Wawali Maurits Mantiri.
Asisten II Bidang Perekonomian Sanny Parengkuan yang ikut hadir pada pertemuan dengan Watimpres, menambahkan pengembangan pelabuhan Manado dan Bitung akan dimulai tahun ini juga. "Pak Gubenur mendorong pengembangan pelabuhan cepat dilakukan, dan Pemprov akan serius mendorongnya," terang Parengkuan.

Bahkan ketua Dewan Sulut Andrei Angouw menyatakan sangat mendukung rencana pengembangan pelabuhan Manado sebagai pelabuhan pariwisata dan pelabuhan kota Bitung sebagai pelabuhan konteiner.”Iya, tentunya Dewan Sulut sangat mendukung rencana tersebut. Apalagi akan berujung pada peningkatan kesejahteraan rakyat,”ujarnya.(man)

No comments

Powered by Blogger.