Header Ads

IPM Kota Tomohon Tertinggi di Sulut



Jurnal,Manado – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tomohon, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), menempati posisi tertinggi di Sulawesi Utara. Hal ini disampaikan langsung Walikota Jimmy Eman disela – sela kegiatan singkronisasi dan verifikasi rencana strategi SKPD tentang rancangan awal RPJMD Kota Tomohon Tahun 2016-2021, di Lantai III Kantor Walikota, Kamis (9/06/2016).

“Capaian Pembangunan manusia dapat dilihat melalui indikator yakni Indeks Pembangunan Manusia dimana IPM mengukur tingkat pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Dari indeksnya kita dapat melihat sejauhmana kemajuan suatu wilayah atau daerah tersebut. Capaian dalam indeks ini merupakan hasil kerja keras bersama pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan kemajuan pembangunan di Kota Tomohon,”terang Eman.


Selain itu, Walikota dua periode ini berharap agar penyajian Renstra SKPD dilakukan secara sistematis dan terpadu ke dalam tujuan, strategi kebijakan, program dan kegiatan prioritas SKPD serta dilengkapi dengan indikator atau tolok ukur pencapaiannya. Kesesuaian dan konsistensi dengan hubungan dengan RPJMN Nasional Tahun 2015-2020 dengan Nawacita yakni 9 agenda pembangunan prioritas. Dijabarkan dan dioperasionalkan secara optimal dan tercipta harmonisasi irama pembangunan dengan RPJMD Kota Tomohon Tahun 2016-2021 dan pada teknis inilah pendekatan Top Down diimplemntasi dalam penyusunan RPJMD Kota Tomohon.

“Dalam RPJMD Tahun 2016-2021 yang akan kita hasilkan adalah merupakan kebijakan pembangunan tahap ke 3 dari RPJPD Kota Tomohon yang secara spesifik diarahkan pada sasaran melanjutkan program-program pembangunan tahap ke 2 (2010-2015) yang belum terselesaikan dengan penekanan pada sasaran yang ingin di capai sehingga telah dirumuskan dalam Visi “ Terwujudnya Masyarakat Kota Tomohon Yang Religius, Berdaya Saing, Demokratis, Sejahtera, Berbudaya dan Berwawasan Lingkungan, menuju Kota Wisata Dunia,”tandas Eman.(michael)




No comments

Powered by Blogger.