Iklan

June 9, 2016, 18:25 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:41:46Z
Pemerintahan

Mengenang kiemas, Wagub Tabur Bunga dan Mengheningkan Cipta


Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw saat melakukan tabur bunga

Jurnal,Manado – Di sela jadwal dan rutinitas yang padat, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw (SK), Kamis (09/06/2016), memenuhi peringatan haul skaligus ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, 


Almarhum H Taufiq Kiemas Mantan Ketua MPR RI yang juga pernah menjabat Ketua Dewan Pertimbangan DPP PDI-P dan suami ketua umum DPP PDI-P, mantan Presiden RI KE-5 Hj Megawati Soekarno Putri.


Kedatangan orang nomor dua sulut ini, untuk memperingati 3 tahun meninggalnya Alm. Pada kesempatan itu Wagub melakukan tabur bunga dan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa dan karya dari Almarhum.


Almarhum H Taufiq Kiemas yang juga dikenal sebagai salah satu pemrakarsa Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yakni : -Pancasila sebagai Dasar Negara dan Landasan Ideologi Negara, - UUD Negara RI tahun 1945 dan Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR, - NKRI sebagai Bentuk Negara serta Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.


Juru bicara Pemprov Sulut, Roy Saroinsong SH yang ikut mendampingi kunjungan kerja Gubernur dan Wakil Gubernur ke Jakarta menyebutkan, ritual Ziarah ke Makam Tokoh Nasional ini, adalah sebagai bagian dari Ketelaudanan Nasional dalam wujud rasa penghormatan kepada jasa dan karya Almarhum semasa hidup dalam menegakkan tonggak demokrasi serta kehidupan berbangsa dan bernegara, maupun juga dalam konteks menggelorakan semangat kebangsaan, akan rasa kebangkitan nasionalitas kepada generasi penerus Bangsa.


“Diakui kondisi saat ini, sendi sendi Integritas Bangsa, mulai tergerus oleh paham Idiologi serta arus globalisasi yang dapat menimbulkan disintegrasi maupun lunturnya identitas Bangsa yang sangat menjunjung rasa Nasionalisme, Ke Bhinekaan, maupun Keberagaman dalam Ke Esaan sebagai Bangsa yang besar dalam pergaulan Internasional, Regional, maupun antar sesama Anak Bangsa,”ujar Wagub Kandouw seperti dikutip Saroinsong.(tim)