Header Ads

Walikota Ajak Dialog Jajaran Pemkot Sampai Tingakat Kelurahan

Jurnal,Tomohon – Saat melakukan dialog bersama jajaran hingga tingkat kelurahan di Aula Rumah Dinas Walikota. Walikota Kota Tomohon, Jimmy Eman mengatakan, dialog ini hendak mengingatkan kita sebagai penyelenggara daerah, bahwa dalam UU no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang mengamanatkan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah demi tercapainya tujuan penyelenggaraan otonomi yaitu menjadi  otonomi  daerah yang maju dan mandiri.

“Peran  Serta pemerintah kecamatan dan kelurahan sangat penting, bahkan memiliki kedudukan strategis antara lain, sebagai organisasi pemerintahan yang menjalankan fungsi lini kewilayahan, sebagai mata rantai terdepan dalam pelayanan publik dan sebagai tumpuan partisipasi bahkan swadaya masyarakat dalam mencapai pembangunan dan tujuan dari penyelenggaraan otonomi,” terang Eman.

Ia juga mngingatkan, penyelenggara PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) harus dipertahankan dan ditingkatkan dan wajib dilaporkan kepada pimpinan secara berjenjang dan di ukur /survey kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan kecamatan, kelengkapan data-data kecamatan harus terus di update agar lebih akurat, ada tidaknya S.O.P (Standar Operasional Prosedural).

Sesuai LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah) data S.O.P kecamatan se-Kota Tomohon baru 2 (dua) kecamatan yang memiliki S.O.P yaitu kecamatan Tomohon Utara (9 S.O.P) dan Kecamatan Tomohon Selatan (6 SOP). SOP ini telah di delegasikan kepada camat melalui Peraturan Walikota, jadi bagi kecamatan yang belum agar segera membuat S.O.P. dan pemerintah kecamatan harus terus memberikan pembinaan terhadap pemerintah kelurahan khususnya dalam pelaksanaan administrasi kelurahan yang sesuai dengan ketentuan.

Acara ini dihadiri juga oleh Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan, Dandim 1302 Minahasa Letkol CZI Mohammad Andhy Kusuma S Sos, Kapolres Tomohon diwakili oleh Wakapolres Kompol Alkat Karouw S Sos, Asisten Pemerintahan Dan Kesra Dra Truusje Kaunang dan para Camat, Lurah, Perangkat Kelurahan Se-Kota Tomohon.(michael)

No comments

Powered by Blogger.