Header Ads

Jajaki Kemitraan. Pemkot Tomohon Bertatap Muka Dengan JICA Jepang



Jurnal,Manado - Terobosan baru kembali dilaksanakan Pemerintah Kota Tomohon dalam upaya terus memajukan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Lima Dimensi Tomohon. 


Seperti yang terungkap dalam pertemuan Pemerintah Kota Tomohon dengan Tim JICA Jepang yang bertindak selaku fasilitator yang bertempat di ruang rapat Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) (20/06).  Konsultan  JICA Jun Tsurui, Ph.D yang diterjemahkan Tsuyoshi Maeyama selaku direktur PT Mayaindo Plus yang bergerak dalam bidang penelitian, pelayanan dan terjemahan.

Dalam pertemuan yang penuh keakraban ini konsultan JICA Jun Tsurui mengatakan bahwa tujuan kunjungan dan dialog ini adalah dalam rangka menjajaki kemitraan antar Pemerintah Kota Tomohon dengan salah satu Kabupaten atau Kota di Jepang diantaranya Pemerintah Kabupaten Minamibosho Provinsi Chiba, Tokyo Jepang. Kabupaten ini berada di dekat Tokyo tetapi berada di luar Kota industry Tokyo. Sebelumnya telah diadakan pertemuan dengan kepala Dinas Pertanian untuk membicarakan program kegiatan ini yang di titik beratkan pada upoaya untuk meningkatkan pertanian yang ada. dalam rangka kemitraan publik dan swasta dan melihat konsentrasi program pertanian di masing-masing daerah.

Ada tujuh pemerintah daerah di Jepang yang terpilih bermitra dengan pemda untuk memberdayakan swasta. Kota Tomohon sendiri termasuk dalam jadwal pengembangan dalam program ini. Karena setelah melalui seleksi maka ditetapkan menjadi lima pemerintah daerah untuk rencana pelaksanaan program kegiatan ini. Terbukti Kota Tomohon sudah terseleksi dari 5 kab/kota yang akan dilaksanakan program ini kata tim dari JICA.  Kunjungan ini merupakan kunjungan yang pertama di Bappeda tapi sebelumnya sudah dilakukan kunjungan pada Bulan Mei di Dinas Pertanian.

Sementara itu Kepala Bappeda Ir Enos Pontororing MSi mengatakan bahwa mereka belum lama mendapatkan informasi dari Kadistanakan dimana JICA memilih Kota Tomohon sebagai salah satu kota untuk melaksanakan program dari JICA seiring dengan konsep pembangunan Kota Tomohon yang  diarahkan pada pengembangan pariwisata menuju kota pariwisata dunia. Oleh karena itu menurutnya semua segi pengembagan dan pembangunan infrastruktur terus diarahkan untuk mendukung kepariwisataan. Saat ini memang pemerintah Kota Tomohon semntara kan menyusun APBD 2017, hal ini dapat dimasukkan dalam rencana pembangunan Kota Tomohon ke depan.

Dalam kesempatan tim JICA memaparkan seputar “Program Stasiun Jalan” yang telah dikembangkan di Minamibosho dan telah sukses. Meskipun di tempat ini pertaniannya bagus tetapi para pemuda lebih suka pindah ke kota besar seperti Tokyo, hal ini yang menjadi tantangan dalam pengembangan pertanian di Minamibosho. Dengan potensi yang dimiliki Tomohon tentu mereka berharap dapat diprogramkan dalam pembangunan di Kota Tomohon sekaligus sebagai bentuk kerjasama dalam sister city. Tentu melalui kerjasama yang saling menguntungkan, pemkot Tomohon sendiri akan memaksimalkan penggunaan lahan resting area untuk rencana program ini dan disesuaikan dengan kebutuhan lahan untuk program Stasius Jalan”seperti yang ada di Jepang.

Dalam “Program Stasiun Jalan” di Minamibosho telah menyediakan stasiun yang lengkap dengan fasilitasnya guna menunjang beberapa kegiatan sebagai sumber pendapatan yakni tempat pemasaran hasil usaha pertanian, tempat istirahat, pusat informasi dan fasilitasi dalam memberikan kemudahan berkomunikasi dengan penduduk melalui kebudayaannya dan yang lainnya. Dalam ini terungkap pula bahwa pada tanggal 27-29 Juli nanti delegasi dari pemkab Minamibosho akan berkunjung ke Kota Tomohon untuk mengadakan pertemuan dengan walikota dan dinas terkait.

Selanjutnya JICA juga menfasilitasi dan membiayai dua orang pejabat dalam dinas terkait yakni Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Pertanian untuk berkunjung ke Pemkab Minamibosho Prov Chiba Tokyo, Jepang pada tanggal 6-15 September 2016. Selain Kota Tomohon ada juga Kabupaten Aceh Tengah, Kota Semarang, Kota Batu & Kota Malang yang akan mengikuti program JICA ini. Selanjutnya delegasi Minamibosho akan juga berkunjung lagi ke Kota Tomohon pada bulan Oktober nanti. Pertemuan ini turut dihadiri Kabag Humas & Protokol FF Lantang SSTP, Sekretaris Bappeda, Kabid Peternakan, Kasubag Humas dan para Kasubid di Bapeeda. (michael)


No comments

Powered by Blogger.