Header Ads

Besok Launching Gerakan Literasi Sekolah, Pemecahan Rekor MURI & Festival Band Pelajar


Persiapan tim festival band pelajar

Jurnal,Tomohon - Dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa maka pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pendidikan Daerah akan melaksanakan gerakan yang disebut Gerakan Literasi Sekolah yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Menurut Kepala Dinas Dikda Drs Gerardus E Mogi untuk pelaksanaan launching Gerakan Literasi Sekolah menuju Tomohon Kota Literasi Sekolah serta pemecahan Rekor MURI cipta puisi dengan peserta terbanyak kurang lebih 16.000 peserta dengan tema bunga, yang juga dirangkaikan dengan Festival Band Pelajar se-Sulawesi Utara serta penutupan pameran, akan dilaksanakan pada hari Jumat 12 Agustus 2016 bertempat di Stadion Babe Palar Walian Tomohon.

 Selanjutnya dalam praktik pendidikan perlu menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran agar semua warganya tumbuh sebagai pembelajar sepanjang hayat. Untuk mendukungnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan dalam gerakan ini adalah kegiatan 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum waktu belajar di mulai. Hal ini dilaksanakn untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat di kuasai secara lebih baik. Materi pembacaan berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.



Adapun jadwal pelaksanaan kegiatan ini yakni : jam 07.00-08.00 diawali dengan pengumpulan dan pengaturan peserta SD, SMP, SMA/SMK dan seluruh guru. 08.00-09.00 kegiatan Cipta Puisi dengan tema bunga.09.00-10.00 proses pengumpulan dan perhitungan puisi. 10.00-10.30pengumuman dari rekor MURI dan penyerahan sertifikat kepada Walikota dan Wakil Walikota Tomohon, Dinas Dikda Kota Tomohon serta perwakilan guru/Kepala Sekolah.

Jam 10.30-11.00 pelaksanaan launching Gerakan literasi sekolah ditandai dengan pelepasan balon gas yang bertuliskan Tomohon Menuju Kota Literasi serta pelepasan burung merpati oleh Walikota & Wakil Walikota Tomohon. Selanjutnya jam 14.00-selesai akan dilaksanakan Festival Band Pelajar. Kegiatan lainnya yaitu pelaksanaan Penutupan TIFF dan Pameran pada pukul 19.00 wita. (michael) 

No comments

Powered by Blogger.