Iklan

August 26, 2016, 17:29 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:41:46Z
Pemerintahan

Gubernur Dorong Program Palapa Ring


Gubernur Sulut Olly Dondokambey

Jurnal,Manado – Untuk terus memacu penyediaan jaringan serta optik sebagai tulang punggung bagi sistim telekomunikasi nasional yang menghubungkan seluruh kabupaten/kota di indonesia, maka Pemerintah berupaya 


membangun proyek palapa ring. Proyek ini menjadi tiga paket yaitu Barat, Tengah, Timur. Proyek Palapa Ring Paket Tengah akan menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara sampai dengan Kep. Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km.

  "Kita Ketahui bersama bahwa pembangunan sarana dan prasarana memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung aktivitas ekonomi, sosial, budaya serta kesatuan dan persatuan bangsa, terutama sebagi modal dasal dalam memfasilitasi interaksi dan komunikasi diantara kelompok masayarakat, serta mengikat dan menghubungkan antar wilayah, diharapkan menjadi motor penggerak pertumbuhan perekonomian nasional dan mendukung daya saing nasional secara global, dalam hal ini jaringan komunikasi dan informatika," terang  Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE saat memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisai Palapa Ring oleh Kemkominfo, Jumat (26/08/2016), di Pemprov Sulut.

Sementara, Menteri Kominfo RI Rudiantara mengatakan, akselerasi pertumbuhan dan pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi akan dapat lebih menjangkau dan meningkatkan akses informasi bagi masyarakat Indonesia secara lebih luas.


Hadir dalam kegiatan, Anggota Komisi I DPR-RI, Gubernur Maluku Utara, Wakil Gubernur Sulawesi tenggara, Asisten I Pemprov. Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Perhubungankominfo Prov. Kalimantan Timur, FORKOPIMDA Sulawesi Utara, Bupati/Walikota di Lingkungan Prov. Sulawesi Utara. 

Sebelum penutupan diadakan tanya jawab peserta sosialisasi dengan Menteri Kominfo RI. Rudiantara didampingi oleh Direktur Utama PT. Len Telekomunikasi Indonesia.(man)