Iklan

August 29, 2016, 15:52 WIB
Last Updated 2016-08-29T22:52:30Z
Tomohon

Menteri Muhajir Resmikan Sekolah SMP Lokon Tomohon



Jurnal,Tomohon  – Walikota Tomohon  Jimmy F. Eman, SE.Ak didampingi Wakil Walikota Syerly A. Sompotan saat kegiatan peresmian Gedung  SMP Lokon St. Nikolaus Tomohon,  memberikan apresiasi kepada Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. DR. Muhadjir Effendy, M.APbersama rombongan yang berkenan mengunjungi sekaligus akan meresmikan gedung persekolahan SMP Lokon St. Nikolaus Tomohon.

Pada kesempatan tersebut Walikota memaparkan gambaran umum Kota Tomohon yang  terletak pada ketinggian 400-1500 meter diatas permukaanlaut dengan kisaran suhu 180c – 300c dengan jumlah pendudukakhir tahun 2015 mencapai 103.506 jiwa tersebar di 5 (lima)kecamatan dan 44 kelurahan dengan luas wilayah sebesar 147,21 km2.



“Dari segi Pendidikan, Angka Partisipasi Murni (APM) tingkatSD sebesar 95,5%, SMP sebesar86,9%, dan SMA/SMK sebesar87,3%. Sedangkan untuk Angka Partisipasi Kasar (APK) tingkatSD sebesar 102,20%, SMPsebesar 102,61%, dan SMA/SMKsebesar 97,57%. Rentang selisih yang besar untuk APK dan APMini menggambarkan minat untuk sekolah di kota tomohon sangat tinggi.” Ucap Walikota.

“Dan dalam upaya mendukung program Indonesia Pintar, maka penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Kota Tomohon telah mencapai angka 96,73%, yang merupakan angka tertinggi di provinsi sulawesi utara.Demikian pula dari hasil uji indeks integritas ujian nasional (sebesar 75,22) dan hasil uji kompetensi guru (sebesar 57,37) tahun 2016, telah menempatkanKota Tomohon pada urutan pertama di Provinsi Sulawesi Utara.” Jelas Eman.



”Beberapa waktu yang lalu, berkaitan dengan pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) tahun 2016, telah di-launching gerakan Literasi Sekolah sebagai amanah UU nomor 23 tahun 2015 dan pemecahan rekor MURI Cipta Puisi dengan peserta terbanyak yang melibatkan siswa-siswa SD, SMP, SMA, dan SMK Kota Tomohon. Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan dalam usahanya kota tomohon menjadi kota literasi.” kata Walikota.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, Prof. DR. Muhadjir Effendy, M.AP dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Walikota dan Wakil Walikota Tomohon yang telah berhasil dalam menunjang program Pemerintah RI penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Kota Tomohon yang mencapai angka 96,73% danmenempatkan Kota Tomohonpada urutan pertama di Provinsi Sulawesi Utara.

”Semoga Prestasi ini dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah Kabupaten/Kota lain di Sulawesi Utara.” tegas Menteri.

Selesai sambutan dilanjutkan dengan peresmian Gedung SMP oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, Prof. DR. Muhadjir Effendy, M.AP yang disaksikan oleh Walikota dan Wakil Walikota Tomohon serta jajaran.

Hadir pula dalam acara tersebut jajaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kadis DikBud Prov. Sulut Gemmy Kawatu, SE.M.Si, Ketua yayasan SMP Lokon St. Nikolaus Bpk. Ronald Korompis, Sekretaris Daerah kota Tomohon DR. Arnol Poli, SH.MAP serta jajaran dan undangan.(michael)