Iklan

August 11, 2016, 16:19 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:41:46Z
Pemerintahan

Tapal Batas Boltim - Minsel Hambat Pemekaran

Jurnal,Manado, - Persoalan tapal batas Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi perhatian serius dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) untuk secepatnya bisa terselesaikan. Salah satunya wilayah Bol-Mong Raya (BMR) yang mempunyai cita-cita besar kedepan terwujudnya Provinsi BMR dengan memiliki 4 Kabupaten yakni, Bolaang Mongondow (BolMong), BolSel, BolMut, BolTim dan Kota Kotamobagu. Pasalnya, persoalan tapal batas antara Kabupaten BolTim dan Kabupaten MinSel hingga saat ini masih menjadi polemik. Demikian dikatakan Kabag OTDA Biro Tata Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut, Boeslar Sanger.

“Seperti yang juga pernah dijelaskan pak Gubernur (Olly Dondokambey,red) oleh karena itu kami (Bagian OTDA,red) ingatkan agar Pemkab Bol-Tim dan Min-Sel harus proaktif dalam hal ini untuk mempercepat diselesaikan. Ingat, sebelum selesai soal batas, jangan harap untuk bisa terwujudnya provinsi BMR nanti. Karena itu sudah menjadi salah satu syarat utama, baik aturan maupun penegasan dari Dirjen Bina Administrasi Kewilayaan Kemendagri,”terang Boeslar kepada wartawan di Kantor Gubernur, Kamis (11/8) siang tadi.

Sebelumnya pula, pihaknya melalui Asisten I Pemerintahan sudah menyelesaikan empat segmen tapal batas diantaranya, BolTim- Bolsel yang sudah diserahkan SK Permendagri Nomor 11 Tahun 2015 secara resmi diserahkan kepada kedua belah pihak.

“Pak Asisten I pada pekan lalu melalui Sekda Bolsel dan Kabag Pemerintahan Boltim sudah menerima SK Permendagrinya. Selanjutnya SK Permendagri Nomor 10 Tahun 2015 Kabupaten MiTra dan Minahasa, Kotamobagu dan BolTim SK Permendagri Nomor 13 Tahun 2015, serta BolMong dan MinSel dengan SK Permendagri Nomor 10 tahun 2015,”jelasnya.

Sementara itu dikatakannya ada tiga segemen yang sedang dalam diproses untuk keluar Permendagri diantaranya, BolTim-Mitra, BolMong-BolSel, Manado-Minut.

“Yang masih tahap fasilitasi penyelesaiannya oleh Pemprov itu juga ada tiga segmen yakni, batas Minahasa-Tomohon, MinSel-Minahasa, dan MinSel-Boltim. Kendalanya ada pada masing-masing Kepala daerahnya,”tandas Boeslar.(tim)