Header Ads

Banyak Orgil Berkeliaran di Mitra


Kabid Bansos dan Rehab Silvia Makaenas

Jurnal,Ratahan – Cacat Mental alias Orgil (orang gila) menjadi tontonan serta membahayakan penguna jalan di kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Diketahui sejak awal tahun 2016 berjalan ini cacat mental berkeliaran di jalan raya ibukota ratahan, Roni warga Kelurahan Tosuraya mengatakan bahwa keberadaan cacat mental yang berkeliaran dijalan raya sangat membahayakan penguna jalan.

”Tentu kami sangat prihatin dengan kondis para cacat mental tersebut karena baik cacat mental itu sendiri maupun penguna jalan bisa terjadi kemungkinan hal-hal yang kita tidak inginkan,” terangnya.


Sementra itu Kepala Dinas Tenaga Kerja,Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Robby Sumual melalui Kepala Bidang Bantuan dan Rehabilitasi Sosial Silvia Makaenas di ruangkerjanya, Senin (19/09/2016), mengakui bahwa sejauh ini instansinya hanya sebatas memberikan rujukan dan rekomendasi untuk penanganan di rumah sakit atau rumah rehabilitasi.

”Daerah kami di Mitra belum memiliki tempat menampung atau rumah rehabilitasi untuk penanganan para cacat mental,” ujarnya.


Lebih lanjut Makaenas menguraikan walaupun belum memiliki rumah rehabilitasi instansi terkait tersebut menjamin dengan memberikan rekomendasi rujukkan untuk perawatan di rumah sakit atau rumah rehabilitasi tidak akan mengeluarkan sepeserpun dana pengobatan.

”Dipastikan keluarga tidak akan mengeluarkan dana, asalkan ada rekom atau rujuk dari dinas kami,’’ jelasnya.


Dirinyapun mengingatkan agar keluarga cacat mental harus segera melaporkan kepada instansi terkait hal tersebut guna untuk memberikan penanganaan.


”Jika keluarga tidak melapor ataupun menelantarkan bahkan juga ditemukan ada pemasungan maka keluarga tersebut akan diproses sesuai hukum yang berlaku,”tegas Makaenas.(hak)    

No comments

Powered by Blogger.