Iklan

September 28, 2016, 03:24 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:41:46Z
Pemerintahan

Empat Daerah Sepakat Kelola Sampah Bersama



Wagub bersama kepala daerah Kabupaten/Kotasaat menandatangani kesepakatan kerjasama

Jurnal,Manado – Mengantisipasi timbunan sampah di beberapa kota/kabupaten, maka Pemerintah Provinsi, Kota/Kabupaten melakukan kerjasama dalam pengelolaan penyediaan Tempat Pengelolaan Akhir (TPA).

Adapun wilayah yang bersepakat dalam pembangunan dan pengelolaann TPAS regional yaitu kota Manado, Bitung, Kabupaten minut dan minahasa. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov melalui Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Walikota Bitung Max Lomban serta Bupati terkait di ruang kerja Wagub Rabu, (28/09/2016).


Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang bagaimana pengelolaan dan pemrosesan akhir sampah di TPA dengan skala regional, permasalahan eksiting dari sistem penanganan sampah di kota Manado Bitung, Minahasa dan Minut dimana masih terbatasnya kinerja pelayanan karena terbatasnya sarana pengumpul dan  pengangkut sampah yang beekinerja andal.


Untuk itu dengan dilaksanakannya program ini pengelolaan sampah di daerah dapat terintegrasi dengan baik, sehingga daerah bersih dan sehat.(man)