Iklan

September 19, 2016, 05:35 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:58:34Z
Mitra

Pemkab Laksanakan Gerakan Tanam Padi Serentak



Jurnal,Ratahan – Senin (19/09/2016), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara bersama dengan TNI AD melaksanakan program 'Gerakan Tanam Padi Serentak' di lokasi cetak sawah baru yang berada di Desa Tababo Kecamatan Belang.

Bupati James Sumendap dalam penyampaiannya yang diwakili Asisten II Robby Ngongoloy, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program nasional dalam rangka menyukseskan swasembada pangan.

"Pemkab Minahasa Tenggara juga mempunyai tanggungjawab dalam program ini, karena ini akan berdampak pada peningkatan produksi padi di daerah kita," kata Robby.
Selain itu dirinya mengungkapkan, Pemkab Mitra terus memberikan perhatian lebih bagi pengembangan sektor pertanian yang merupakan salah satu indikator dari pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Setiap tahun anggaran untuk pertanian khususnya untuk peningkatan produksi padi terus meningkat sehingga para petani bisa mendapatkan bibit secara gratis, alat-alat pertanian, termasuk infrastruktur pendukung seperti saluran irigasi," katanya.

Selain itu kata Robby, Pemkab turut memfasilitasi proses cetak sawah baru yang mendapatkan dukungan dari pihak TNI.


Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Elly Sangian mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan program yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.
"Selain penanaman padi, pada kegiatan ini juga kita menyerahkan bantuan serta uji coba alat-alat pertanian yang diberikan kepada para kelompok tani yang merupakan bagian dari kepedulian Bupati bagi para petani," katanya. (hak)