Header Ads

Percasi Tomohon Gelar Kejuaraan Catur

Jurnal,Manado -  Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Kota Tomohon mengadakan Pembukaan Turnamen Catur Walikota Cup setelah sebelumnya mengadakan pelantikan para pengurus PERCASI Kota Tomohon periode 2016-2020 di Balai Pertemuan Umum Kelurahan Kinilow (29/09/2016).

“Kehormatan bagi kami panitia dimana dipercayakan melaksanakan dua kegiatan sekaligus. Yakni Pembukaan Turnamen Catur Walikota dan Pelantikan pengurus PERCASI Kota Tomohon yang merupakan kelanjutan dari hasil musyawarah cabang PERCASI Kota Tomohon pada beberapa bulan yang lalu. Dimana para Pengurus saat ini merupakan wajah baru dan muda yang diharapkan memberi motivasi baru bagi para pecatur muda untuk berprestasi ke depan," ujar Revly Supit.

Diketahui pelaksanaan Turnamen ini akan memperebutkan piala bergilir Walikota Tomohon dan uang pembinaan  langsung dari Bapak Walikota serta tropi tetap dari Ketua KONI Tomohon, Ketua PERCASI Kota Tomohon dan Sekretraris Daerah Kota Tomohon. Berlangsung selama 3 hari mulai 29 September 2016 sampai 1 Oktober 2016, dan untuk bergengsinya pertandingann ini panitia mendatangkan wasit nasional dari PERCASI provinsi Sulut untuk memimpin.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc dalam sambutannya mengatakan “Dalam suasana memeriahkan Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada tanggal 9 September 2016 yang lalu sekaligus dengan HUT provinsi Sulawesi Utara ke-52, PERCASI Kota Tomohon berinisiatif untuk melaksanakan turnamen catur Piala Walikota Tomohon.

Sebuah Kebanggan yang patut disyukuri bahwa sebagian dari komunitas masyarakat yang solid, yang sementara berpacu mengiringi derasnya tuntutan dinamika global dengan pengaruh yang menyertainya, ternyata masyarakat Kota Tomohon tetap konsisten untuk terus menjaga eksistensi dunia olahraga khususnya olahraga catur, sekaligus juga menjadi wahana pemersatu dan mempererat persaudaraan masyarakat Kota Tomohon.

Dalam permainan catur bukan hanya sekedar untuk menyalurkan hobby dan bakat saja, akan tetapi lebih dari itu dalam permainan catur terdapat sebuah filosofi kehidupan yakni dalam catur terdapat pion, yang memiliki makna jangan menganggap remeh orang lain walaupun kelihatan mudah. Harapan saya selaku pemerintah Kota Tomohon bahwa melalui pelaksanaan turnamen catur saat ini akan didapatkan atlit-atlityang berpotensi sehingga dapat dibanggakan bahkan disertakan pada kejuaran-kejuaran lokal, nasional, bahkan nantinya internasional."

Selanjutnya dalam proses pelantikan pengurus yang mengawali kegiatan ini dilakukan oleh Bapak Drs Stevanus Vreeke Runtu selaku Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara sekaligus Ketua PERCASI Sulawesi Utara melantik pengurus PERCASI Kota Tomohon tahun 2016-2020 dan membuka turnamen catur ini. Ketua PERCASI Kota Tomohon dipercayakan kepada Ibu Katherina Leydi Polii SPi selaku anggota DPRD Kota Tomohon dan Sekretaris  Ibu Margaretha Rorong SE MAP.

Ketua PERCASI Kota Tomohon terpilih Ibu Katherina Leydi Polii SPi dalam sambutannya berharap melalui kepengurusan yang baru ini mampu memasyarakatkan kembali olahraga catur di Kota Tomohon, serta munculnya bibit-bibit baru penerus olahraga catur melalui  siswa-siswi yang hadir saat ini. Langkah awal PERCASI Kota Tomohon melalui turnamen Catur Walikota Tomohon ini, akan ada 3 kategori dalam turnamen ini yaitu; Seri A, Seri B, dan Seri Junior.

Begitu juga dengan Ketua Koni Tomohon Ir Miky Wenur yang juga merupakan Ketua DPRD Kota Tomohon mengatakan melalui turnamen  nantinya disiapakan atlit-atlit untuk mengikuti PON remaja tahun depan, dan berharap semangat baru melalui pengurus yang baru dilantik nantinya diharpakan dapat berprestasi. Hadir juga dalam kegiatan ini yaitu anggota DPRD Kota Tomohon Bapak Erens Kereh AMKL, Camat Tomohon Utara Ibu Aneke Tuegeh SPd, peserta turnamen Walikota Cup, dan para undangan yang hadir.(michael)

No comments

Powered by Blogger.