Iklan

September 1, 2016, 17:03 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:58:34Z
Mitra

Sumendap Resmikan Pasar Rakyat Toluaan



Jurnal,Ratahan - kamis (1/09/2016), Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap meresmikan pasar rakyat Touluaan yang  dibangun dengan anggaran Rp5 miliar. Pasar yang terdiri 35 kios, dan dua los bagi 144 pedagang ini, diungkapkan Bupati akan menjadi penggerak perekonomian bagi masyarakat Kecamatan Touluaan dan sekitarnya."Keberadaan pasar ini bisa menjadi penggerak perekonomi rakyat, sehingga nantinya dampaknya bagi masyarakat di daerah ini," kata Bupati yang merakyat.

Dia mengungkapkan keberadaan pasar tersebut merupakan bentuk dari komimetnya bagi masyarakat Touluaan. "Pasar ini sudah menjadi komitmen saya sejak awal, untuk menyiapkan pasar yang layak bagi masyarakat," ujar Sumendap.

Bupati yang akarab di sapa JS menambahkan para pedagang tidak akan dipungut retribusi pasar selama enam bulan. "Jadi tidak ada pungutan khusus retribusi pasar selama enam bulan. Untuk tahun depan masih akan ada pembangunan sejumlah infrastruktur di pasar ini," kata tegasnya.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UMKM dan Pasar Marie Makalow mengungkapkan, pengoperasian pasar tersebut akan dimulai pada Selasa, (6/9). "Sekarang kita masih mengatur para pedagang yang akan menempati pasar. Untuk para pedagang ini wajib menandatangani pernyataan untuk bertanggungjawab, serta tidak menyalahgunakan fasilitas pasar, dan menyewakan atau menjual kipa atau lapak pasar," katanya. Pada peresmian ini, Bupati melakukan dialog bersama dengan para pedagang.

Peresmian tersebut dihadiri juga,Ketua DPRD Mitra Tavif Watuseke, Wakil Ketua DPRD Katrien Mokodaser, para anggota DPRD, para Asisten, Kepala SKPD,Kepala Bagian, dan, Camat. (hak)