Header Ads

Tekan Pengangguran. Wagub Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal


Wagub saat memantau langsung penerimaan tenaga kerja di Job Fair didampingi Kadis Dinakertrans

Jurnal,Manado – Saat pembukaan kegiatan Job Fair di Mantos yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Prov Sulut, Rabu (14/09/2016), Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw mengingatkan 


kepada perusahaan di Sulut agar mengutamakan tenaga kerja lokal. Hal ini untuk menekan tingkat pengangguran yang terjadi di Sulut.
“Tenaga kerja lokal diprioritaskan. Harus 70 persen. Jadi maaf buat pendatang bukannya sulut alergi dengan pendatang tapi kami disini mengutamakan lokal,” tegasnya.

Ia juga megakui upah regional di sulut masuk ketiga terbesar sehingga mengiurkan bagi warga diluar sulut mengais rezeki.  Untuk itu, Wagub meghimbau para perusahan menggunakan tenaga lokal untuk mendukung program pemprov sulut dalam pengentasan kemiskinan.

“Saya menghimbau agar para pengusaha melakukan  penandatanganan  pakta integritas bersama pemerintah,” tegas orang nomor dua di sulut ini.

Terkait dengan minimnya skill dan kualitas tenaga kerja lokal dibantah oleh Wagub.
“Tenaga kerja lokal punya kualitas yang sama dengan tenaga luar bahkan bisa lebih. Soal skill nantinya akan ada semacam traning dari dinas terkait sehingga menciptakan tenaga kerja lokal yang siap pakai,” pungkasnya, sembari mengatakan Dinakertrans harus terus melakukan  kegiatan job fair agar lapangan pekerjaan dapat terisi dan rakyat Sulut bisa semakin sejahtera. Job fair ini juga harus bisa dilaksanakan empat kali dalam setahun. Bagi para pencari pekerjaan wagub berpesan untuk tidak putus asa  berusaha mendapatkan pekerjaan.
Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara Marsel Sendoh mengatakan Job Fair Ini bertujuan untuk membantu perusahaan mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Job Fair ini juga untuk mencari tahu kualitas pencari kerja serta membantu mengurangi angka pengangguran di Sulut. Para pencari kerja dapat memanfaatkan peluang dalam pameran bursa tenaga kerja ini secara maksimal.
Diketahui Job fair kali ini tercatat  37 Perusahaan yang siap mengikuti  dengan total lowongan pekerjaan yang disediakan sebanyak 2379 lowongan. Pelaksanaan Job Fair akan berlangsung hari ini tanggal 14 -15 September 2016.(man)

No comments

Powered by Blogger.