Iklan

September 1, 2016, 07:07 WIB
Last Updated 2016-09-01T14:07:24Z
Tomohon

Walikota Hadiri Paripurna Pandangan Umum Fraksi Terhadap Ranperda



Jurnal,Manado - Walikota Tomohon Jimmy F. Eman,SE.Ak didampingi Wakil Walikota Tomohon Syerly A. Sompotan menghadiri Rapat paripurna dalam rangka Pemandangan Umum Fraksi Terhadap Ranperda Perubahan APBD T.A 2016 yang dilaksanakan di ruang sidang DPRD Kota Tomohon. Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Tomohon Ir. Miky J. Wenur.

Walikota dalam sambutannya mengatakan bahwa penyusunan dan pembahasan perubahan anggaran, juga dimaksudkan untuk menyesuaikan program dan kegiatan prioritas yang sifatnya mendesak untuk diselesaikan, dan ditindaklanjuti dengan melakukan perubahan anggaran terhadap APBD induk dan dilakukan sinkronisasi pagu anggaran, serta pergeseran program dan kegiatan oleh masing-masing Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD).

“Tentunya, proses penyusunan perubahan anggaran ini telah dipedomani dengan kerangka regulasi yang ada, sebagai aturan dalam upaya untuk meningkatkan akuntabilitas program pemerintah, sekaligus menjadi informasi yang lebih lengkap bagi pemerintah, dalam pengambilan keputusan sistem anggaran belanja untuk mencapai transparansi yang lebih luas, atas biaya pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah dalam porsi belanja yang proporsional.” Ucap Walikota.

Ditambahkanya, fungsi legislatif sebagai mitra eksekutif, memegang peranan penting dalam proses penyempurnaan yang kemudian melewati tahapan pembahasan yang profesional dengan mendasari nilai-nilai demokrasi, mengedepankan logika rasional dan konstruktif, demi memperoleh hasil yang optimal dalam memberikan yang terbaik bagi keberhasilan penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kota Tomohon.



“Kami sepakat bahwa, perhatian dan keseriusan para anggota dewan yang terhormat dalam menyatakan pendapat, usul, saran, pertimbangan bahkan koreksi konstruktif yang bermuara pada pembahasan dan pengkajian terhadap perubahan APBD  T.A 2016 yang pro rakyat oleh masing-masing fraksi, patut diberi apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya dari kami selaku aparat pemerintah yang secara bersama berupaya, memberi yang terbaik bagi kepentingan rakyat Kota Tomohon.” Tandas Walikota

“Dan kami pun mengakui bahwa, pemandangan umum fraksi tadi, meninggalkan berbagai catatan strategis yang teramat penting untuk ditindaklanjuti sebagai wujud tanggung jawab konstitusional kami, dalam rangka mendorong peningkatan kinerja eksekutif diseluruh sektor yang tertuang dalam  visi dan misi Kota Tomohon 2016-2021.” Tutupnya.

Hadir juga pada rapat paripurna ini Sekretaris Daerah Kota Tomohon DR. Arnold Poli, SH. MAP, seluruh Anggota DPRD Kota Tomohon dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon, para Camat dan Lurah-lurah.(michael)