Header Ads

Mewoh Seriusi Pengawasan Pertambangan


Kaban Roy Mewoh saat lakukan kerja bakti bersih - bersih sungai

Jurnal,Manado – Penindakan dan pengawasan  terhadap usaha-usaha pertambangan. Seperti lokasi penambangan batu di area kaki Gunung Lokon. Seharusnya setelah ditutup, tidak ada aktivitas lagi di lokasi bermasalah tersebut. Namun meski telah dipasang papan pemberitahuan ditutup, masih ada aktivitas penambangan dan pengolahan.

Pemerhati lingkungan Jull Takaliuang mengungkapkan, ini bukan hal yang baru lagi. Dari dulu memang terjadi hal yang demikian. “Bisa dibilang kinerjanya tidak berjalan. Hal itu pun, kalau kita tidak mau lingkungan kita semakin hancur. Pemerintah harus serius memperhatikan lingkungan,” tegas Takaliuang.

Saat dikonfirmasi, Kepala BLH Sulut Roy Mewoh memastikan keseriusannya mengawasi kegiatan pertambangan di Bumi Nyiur Melambai. Ia mengungkapkan, setiap kali menerima laporan dari masyarakat, pihaknya langsung turun lapangan melakukan investigasi mendalam. “Jika memang ditemukan terjadi, pelanggaran, perusahaan pelaku tambang akan diberi teguran,” katanya.

Ditambahkan, pihaknya serius menjaga lingkungan sekitar pertambangan. Jadi, setiap kali terjadi kerusakan lingkungan akibat aktivitas pertambangan. Ia memastikan, telah terjadi pelanggaran oleh perusahaan pertambangan. “Kita layangkan teguran, jika tak diindahkan kita rekomendasikan untuk ditutup,” pungkasnya.(man)

No comments

Powered by Blogger.