Header Ads

Pelaksanaan Indonesia Youth Day, Ribuan Orang Katolik Banjiri Manado



Jurnal,Manado - Indonesia Youth Day ( IYD ) 2016 atau berkumpulnya orang muda katolik se-Indonesia kali ini dilaksanakan di Manado.


Menurut Ketua Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia ( KWI ), Monsinyur Pius Riana Prapdi, IYD di Manado menyangkut orang muda katolik sukacita Injil di tengah Masyarakat Indonesia yang majemuk dengan harapan orang muda Katolik untuk semakin menginternalisasi semangat saling menghargai, toleransi dan kesadaran untuk membangun persaudaraan dalam lingkungan sosial yang inklusif.

“Menginapnya memang di keluarga-keluarga. Ada yang Muslim, ada yang kristen prostestan, ada yang pasangan berbeda agama, karena dengan cara seperti itu bukan hanya secara teori tetapi mengalami sendiri bagaimana mereka mempraktekkan imannya dalam di lingkup keluarga dan bagaimana itu di sebarkan satu sama lain untuk saling memperkaya dan disatu paroki bahkan ada yang menyambut itu yaitu dari kelompok orang muda Muslim.”ujar Prapdi.

Prapdi menambahkan, Indonesia Youth Day merupakan ajang bagi orang muda katolik untuk merayakan perbedaan dan mensyukuri kehidupan sehingga terdapat kerelaan untuk saling membantu dan keegoisan diredam. Selain kegiatan peserta live in, atau tinggal bersama dengan penduduk, juga dilakukan ibadat mengikuti berbagai pengajaran dan diskusi sampai kemudian ditutup pada kamis ( 06/10 ) dengan malam Budaya persembahan dari beberapa daerah di Indonesia.

Sementara itu Uskup Manado, Joseph Suatan mengatakan, sejak lama di Manado Sulawesi Utara sudah mengenal akan toleransi beragama. Dimana sesama agama saling menghargai dan menghormati dan ini menjadi kekuatan Masyarakat Sulawesu Utara.

“Kebersamaan dalam kegiatan gereja yang mengumpulkan orang muda Katolik di Manado yang terjun langsung ke masyarakat, sangatlah terasa apalagi di Manado toleransinya sangatlah tinggi.” Ujar Uskup Manado, Joseph Suatan. Pastor John Montolalu selaku ketua panitia IYD 2016 menyampaikan, kegiatan Indonesia Youth Day yang dilaksanakan di Manado Sulawesi Utara, dihadiri oleh 2.386 orang pemuda katolik dari 37 Keuskupan seluruh Indonesia sejak 3 - 6 Oktober 2016 dan kegiatan IYD ini dilaksanakan setiap 5 tahun sekali yang pertama kali dilaksanakan di Pontinak, Kalimantan Barat pada tahun 2012. Lanjut Pastor John Montolalu, pada besok selasa ( 04/10) akan dilaksanakan pembukaan yang akan di hadiri 24 Uskup dari 37 keuskupan serta Meneteri Agama, Menteri Pemuda dan Olah Raga dan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia.(tim)

No comments

Powered by Blogger.