Header Ads

UMKM Gelar Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi



Jurnal,Tomohon - Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota menggelar kegiatan pelatihan manajemen pengelolaan koperasi di ruang pertemuan dinas koperasi selasa (18/10/2016).

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Assisten ekonomi dan pembangunan Ronni Lumowa SSos MSi dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan pendidikan perkoperasian merupakan prinsip koperasi yang penting dalam meningkatkan kemampuan, memperluas wawasan anggota dan memperkuat solidaritas dalam mewujudkan tujuan koperasi.


“Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan perkoperasian tidak hanya dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan anggota pengurus, pengawas atau karyawan dalam bidang pengetahuan koperasi, tetapi dapat juga digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kegiatan dan usaha. 


“Pendidikan dan pelatihan perkoperasian menjadi salah satu faktor utama dalam pembinaan dan pengembangan koperasi, karena keberhasilan atau kegagalan koperasi banyak bergantung pada tingkat pendidikan yang dampaknya akan meningkatkan kesadaran dan partisipasi anggota”, terang Lumowa. “Oleh karena itu pendidikan dan pelatihan perkoperasian sangat diperlukan untuk memberikan bekal yang memadai kepada anggota agar anggota dapat berperan secara aktif dan dinamis”, tutup Lumowa. Kesempatan itu Lumowa menyerahkan secara simbolis perlengkapan pelatihan kepada perwakilan peserta.



Sebelumnya Kepala dinas koperasi dan UMKM Theodorus Paat SIP menjelaskan tujuan pelatihan ini diantaranya untuk meningkatkan keterampilan pengurus/pengelola koperasi dibidang akuntansi koperasi sehingga dapat mengerjakan administrasi keuangan sesuai dengan sistem akuntansi, selain itu meningkatkan pengetahuan pengurus serta kemampuan pengelola koperasi dalam laporan keuangan secara benar. Hadir sebagai narasumber Kepala dinas koperasi UMKM Provinsi Sulawesi Utara Ir Rene Hosang MSi, dan untuk peserta pengurus/pengawas koperasi di Kota Tomohon yang berjumlah 30 orang.(michael)

No comments

Powered by Blogger.