Header Ads

Walikota : Jadikan Dialog Manado Untuk Indonesia Menyelesaiakan Persoalan Keberagaman


Walikota saat menandatangani berita acara rapat penyelesaian persoalan IMB Masjid

Jurnal, Manado – Kedatangan Komisi Naional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM), ke sulut khususnya Kota Manado dalam rangka mencari penyelesaian akhir terkait pembangunan Masjid yang berada di Kompleks Perumahan Gritma, Mapanget, tidak sia – sia.


Terbukti setelah melakukan pertemuan yang dipimpin langsung Walikota Manado GS Vicky Lumentut, akhirnya persoalan IMB menemukan titik terang.

Lumentut yang memimpin jalannya rapat penyelesaian mengatakan, dirinya mengambil keputusan berdasarkan masukan dan pertimbangan yang telah diproses pada pertemuan awal oleh FKUB dan BKSUA. Dimana persoalan yang terjadi tinggal pihak pengemban melakukan perubahan guna penyelesaian Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang nantinya akan dikeluarkan Pemkot Manado.

“keputusan itu berdasarkan pertimbangan dari semua unsur pimpinan agama dan pemerintah dan sesuai aturan yang berlaku. Sudah disepakati baik oleh Komnas HAM dan Panitia Pembangunan serta pihak Pemkot untuk sama – sama mentaati peraturan yang berlaku, dimana pihak pengemban melengkapi berkasnya dulu setelah itu dimasukkan kembali ke pemkot untuk ditindaklanjuti sehingga rekomendasi keluar,”terang Walikota.

Ia juga berharap momentum kali ini menjadi pembelajaran untuk mengawal kerukunan beragama di kota manado. Juga dialog kota manado untuk indonesia menyelesaikan persoalan – persoalan keberagaman khususnya yang berkaitan dengan pembangunan rumah ibadah.

“Mari kita lihat dalam konteks kesatuan kebersamaan dan kerukunan. Sekarang masjid kita carikan solusi nantinya pembanguan tempat ibadah lainnya juga kita perlakukan yang sama,”pungkas Walikota sembari menghimbau, Camat, Lurah memantau perkembangan rumah ibadah yang ada di wilayah masing – masing.(man)

No comments

Powered by Blogger.