Header Ads

Walikota kunker ke Bali


Jurnal,Tomohon - Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melakukan pertemuan dengan Ni Putu Eka Wiryastuty selaku Bupati Kabupaten Tabanan Provinsi Bali. 



Dalam pertemuan ini membahas mengenai kiat-kiat sukses dalam meningkatan Pajak Bumi Bangunan Perkotaan Pedesaan (PBB P2) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Kepariwisataan dan pertanian yang saling kait mengait dalam menunjang perekonomian daerah.

Bupati Tabanan juga memaparkan potensi  pertanian dan pariwisata yang dimiliki sehingga mampu menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Tabanan. Begitu pula dengan Pemerintah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Bupati Eka dalam kesempatan ini menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Pemkot Tomohon ke Tabanan. Ini membuktikan Tabanan memiliki daya tarik tersendiri sehingga dijadikan objek kunjungan.

Terkait dengan potensi pertanian dan pariwisata, Bupati Eka menuturkan, Tabanan merupakan daerah agraris yang memiliki sistem pertanian yakni subak. Menurutnya, subak di Tabanan sudah diatur dalam sebuah awig-awig. “ Di Tabanan, pertanian kita sinergikan dengan pariwisata. Karena dua sektor ini tidak bisa dipisahkan dan menjadi icon Tabanan sekaligus memberikan pemasukan terbesar bagi daerah, “ ujarnya.

Pada kesempatan ini Bupati Eka yang didampingi Kadispenda menjelaskan secara terperinci tentang bagaimana kiat-kiat sukses dalam peningkatan PBB P2 dan BPHTB yang disampaikan langsung kepada Walikota Tomohon yang didampingi Asisten Administrasi umum Ir H V Lolowang M Sc bersama Kadis Keuangan DR Juliana D Karwur MKes MSi.

Begitu juga kepada para lurah dari Tomohon yang menyimak dengan seksama penjelasan-penjelasan yang disampaikan Bupati Tabanan yang nantinya dapat diterapkan dalam proses peningkatan perolehan pajak dari sektor PBB P2 dan BPHTB di Kota Tomohon. Guna mensuport proses pembangunan infrastruktur dan pelayanan yang optimal kepada seluruh komponen masyarakat.   

Bupati Eka berharap, ke depan Kabupaten Tabanan dan Kota Tomohon bisa menjalin kerjasama baik di bidang pertanian dan pariwisata, sehingga dua sektor ini tetap bisa menjadi andalan bagi daerah masing-masing. “ Mudah-mudahan ke depan kita bisa menjalin kerjasama yang baik, karena bila dilihat dari potensi, kita memiliki potensi yang hampir sama. Terima kasih atas kunjungannya, dan suatu kehormatan bagi kami di Tabanan bila mampu menjadi inspirasi bagi daerah lain,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, bahwa dalam kunjungannya kali ini juga bersama 23 Lurah yang ada di Kota Tomohon agar mereka bisa mendapat pengalaman baru dan menyerap ilmu yang nantinya bisa diaplikasikan di wilayah masing-masing. Menurutnya, untuk merangsang pariwisata dan budi daya bunga, di Tomohon tiap tahunnya digelar Tomohon International Flowers Festival ( TIFF). “ Kami juga memiliki potensi pertanian yakni tanaman bunga. Untuk merangsang kunjungan wisatawan dan budi daya bunga, kami menggelar TIFF tiap tahunnya,” ujarnya.

Pihaknya juga antusias untuk menjalin kerjasama dengan Pemkab Tabanan bahkan mengundang Bupati Tabanan untuk menghadiri melihat TIFF di Kota Tomohon. “ Kami ingin Bupati Eka bisa melihat lanjung TIFF yang kami gelar tahun depan. Mudah-mudahan bisa memberi inspirasi juga bagi Kabupaten Tabanan,” tandasnya.(michael)

No comments

Powered by Blogger.