Header Ads

OD Akui Media Online Tercepat


Gubernur saat memberikan sambutan pada kegiatan Sarasehan Pers Daerah

Jurnal,Manado - Kegiatan Sarasehan Pers ke - 3 yang dilaksanakan di Sulawesi Utara (Sulut), mengangkat tema ‘Tantangan Pers Daerah di Era Digitalisasi”. Kegiatan yang dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan mantan gubernur Sinyo Hari Sarundajang, dilaksanakan di Grand Kawanua International City (GKIC) Manado.

Gubernur dalam sambutannya, mengakui di era digitalisasi, media online mengalami perkembangan yang begitu pesat seakan menggeser keberadaan media cetak dan media penyiaran. 

“Media online bersifat update, real time, praktis serta lebih murah dan memiliki jangkauan yang lebih luas. Selain itu dalam penyajiannya mampu menyertakan unsur-unsur multimedia untuk mendukung pemberitaan sekaligus bersifat interaktif. Namun sebaliknya, pada prakteknya media online dipandang sering memberikan konsekuensi negatif.   

Salah satunya yang paling umum adalah kecepatannya dalam menghadirkan berita yang tidak disertai dengan prinsip kehati-hatian dan kurang verifikatif sehingga informasi yang diberikan kurang akurat bahkan tidak jarang keliru sama sekali. Hal ini tentunya membawa dampak negatif kepada masyarakat sehingga jelas turut melanggar UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik,” terang Dondokambey.

Sementara Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo menyebutkan, saat ini jumlah media di tanah air ada sekitar 43 ribu lebih, namun yang lolos verifikasi hanya 211 media, termasuk media online.(wulan)

No comments

Powered by Blogger.