Header Ads

OD dan GSVL Pecahkan Persoalan Texas

Jurnal,Manado-Persoalan lahan eks Kampung Texas di pusat Kota Manado, terus diseriusi pemerintah baik Pemerintah Kota (Pemkot) Manado maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).
Keberadaan masjid Al-Khairiyah yang berdiri diatas lahan milik Pemkot Manado tersebut sering menjadi polemik. Padahal, sejak dilakukan relokasi dengan memindahkan warga Kampung Texas ke kawasan Mayondi, Pemkot Manado berencana membangun Taman Wisata Religi yang melibatkan semua pemeluk agama di Kota Manado. Olehnya, untuk mencari solusi persoalan eks Kampung Texas tersebut, Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven Kandouw melakukan rapat bersama Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) dan tokoh-tokoh agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) baik tingkat Propinsi Sulut maupun Kota Manado, di ruang rapat Wakil Gubernur Sulut, jalan 17 Agustus Manado, Selasa (01/11) siang hingga sore tadi. Usai rapat bersama, kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulut, Walikota GSVL menyatakan terima kasih kepada Gubernur OD yang responsilf terhadap persoalan eks Kampung Texas. "Saya menyampaikan salut dan terima kasih kepada pak Gubernur yang sangat responsif terhadap potensi persoalan yang terjadi di Manado khususnya pemanfaatan lahan eks Kampung Texas," tukas Walikota. Lanjut dijelaskan, dalam rapat tersebut dicapai suatu kesepakatan agar lahan seluas 3.027 meter persegi milik Pemkot Manado itu, digunakan bersama untuk membangun Taman Wisata Religi seluruh rumah ibadah dari lima agama.
"Dalam pertemuan tadi telah disepakati agar di lokasi eks kampung Texas akan dibangun Taman Wisata Religi yang diperuntukan bagi semua agama tidak hanya agama tertentu. Hal ini guna menjaga, kerukunan antar umat beragama yang sudah lama terjalin dengan baik, karena aman dan damai itu mahal," tukas Walikota GSVL.
Dirinya berharap, masyarakat Kota Manado tidak terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan termasuk isu jika sebagian lahan eks Kampung Texas telah dijual kepada pihak swasta.
"Disekitar eks Kampung Texas memang sedang dibangun ruko (rumah toko,red), tetapi itu bukan di lahan Pemkot Manado, itu milik yang punya ruko. Tidak benar jika ada lahan Pemkot yang dijual kepada swasta. Sekali lagi itu tidak benar. Masyarakat jangan cepat percaya atau termakan dengan isu-isu yang menyesatkan," pungkas Walikota GSVL didampingi Ketua FKUB Manado Pdt Renata Ticonuwu STh.(***)

No comments

Powered by Blogger.