Header Ads

Pemkab Minahasa Tenggara lakukan persiapan untuk raih Adipura

Jurnal, Ratahan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melakukan sejumlah persiapan dalam rangka untuk meraih penghargaan Adipura kategori kota kecil.

"Salah satu persiapan yang kita lakukan dengan mengadakan sosialisasi kepada sejumlah pihak terkait baik dari unsur pemerintah maupun masyarakat," kata sekretaris daerah Farry Liwe didampingi Kepala Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLH-KP) Tommy Soleman di Ratahan, Kamis.

Ia mengungkapkan sosialisasi yang melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup RI tersebut untuk menyampaikan sejumlah persiapan sebelum penilaian Adipura.

"Termasuk juga dari pihak kementerian sudah meninjau lokasi-lokasi yang nantinya akan menjadi penilaian untuk meraih Adipura," ujarnya.
Sekda  menjelaskan sejumlah tempat yang akan menjadi penilaian tersebut antara lain kondisi kebersihan sekolah, perkantoran, pasar, dan ruang terbuka hijau.

"Termasuk keberadaan tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah yang berada di kelurahan Wawali," jelasnya.

Ia pun mengungkapkan sejumlah syarat yang dibutuhkan dalam penilaian Adipura tersebut akan segera disiapkan oleh pihak Pemkab serta dua kecamatan yang akan menjadi objek penilaian yaitu Ratahan, dan Ratahan Timur.

"Dan nantinya kit harapkan semuanya itu sudah bisa diselesaikan maksimal tahun depan, karena untuk penilaiannya memang nantinya 2017 yang kemudian diumumkan pada 2018 saat hari lingkungan hidup," tandasnya.

Peserta sosialisasi melibatkan lintas  SKPD, pemerintah kecamatan, lurah/ kepala desa, Ormas LSM, serta tokoh-tokoh masyarakat.(hak)

No comments

Powered by Blogger.