Header Ads

Peran IKM Penting Untuk Mendongkrak Ekonomi Keluarga



Foto bersama pelaku usaha rumahan

Jurnal,Ratahan – Untuk meningkatkan pendapatan keluarga maka sangatlah penting untuk dikembangkannya Industri Kecil Menengah (IKM) bagi pelaku usaha rumahan.
Unggu Tongkotow warga Tombatu Timur seorang ibu yang berprofesi pembuat dan penjual Kue mengatakan bahwa pembuatan kue yang diusahakannya hanya mengunakan peralatan sederhana karena tidak memiliki modal untuk membeli peralatan yang modern.”peralatan pembuatan kue cukup untuk yang biasa-biasa saja, maklum usaha ini untuk menambah penghasilan kecil-kecil,” katanya.
Diketahui Tongkotow saat ini hanya bisa melayani atau menjual kue dengan terbatas karena belum mampu untuk memproduksi pesanan yang besar karena peralatan yang terbatas.”kalau ada yang pesan untuk kegiatan yang besar kadang sudah tidak dilayani, mengingat kami hanya mengunakan peralatan yang sederhana, apalagi kalau dikejar dengan waktu pasti tidak akan terpenuhi,”terangnya.
Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi UMKM dan Pasar Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Marie Makalow menjelaskan memang hingga saat ini belum ada sentuhn dari instansinya.”memang belum ada perhatian khusus bagi pelaku IKM tersebut, tapi kami terus berupaya agar nantinya akan membantu bagi pelaku usaha rumahan,” jelasnya.
Ditambahkannya bahwa pada tahun 2017 dinas terkait akan berupaya agar akan mengusulkan anggaran untuk peralatan yang modern bagi pelaku usaha Industri Kecil Menengah.”2017 nanti saya tentu akan semaksimal mungkin mengawal agar aka nada peralatan yang modern untuk menunjang kegiatan IKM untuk peningkatan ekonomi kerakyatan,” tukas Makalow.(hak)

No comments

Powered by Blogger.