Header Ads

APBD Provinsi Tepat Waktu


Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw saat diwawancarai

Jurnal,Manado - Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK) memberikan apresiasi kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran (Banggar) legislatif yang telah menyelesaikan penyusunan anggaran tepat waktu.

"APBD Pemprov Sulut telah diselesaikan sebelum tanggal 1 Desember, terima kasih kepada TAPD dan Banggar yang sudah menuntaskannya hingga pada tahapan dikonsultasikan ke Kementerian Dalam Negeri," kata Wagub Kandouw, Kamis (01/12/2016).

Wagub mengatakan, legislatif sempat disorot terkait hal tersebut, namun apa yang dilakukan saat ini yakni menyelesaikan APBD 2017 membuktikan wakil rakyat mempunyai komitmen dan integritas. Karena itu, kata dia, jajaran pemerintah provinsi memberikan apresiasi atas apa yang sudah dilakukan legislatif menyelesaikan anggaran pendapatan dan belanja sesuai harapan.

"Pak Gubernur Olly Dondokambey juga memberikan apresiasi, bahkan kelihatannya beliau senang karena TAPD pemprov yang dipimpin Sekretaris Daerah Edwin Silangen mampu bekerja maksimal bersama legislatif," ujarnya.

Wagub berharap, kinerja yang sudah ditunjukkan ini akan diganjar dengan "reward" yang diberikan pemerintah pusat berupa dana insentif daerah. Hanya saja menurut dia, ada beberapa prasyarat yang harus dipenuhi manakala ingin mendapatkan insentif tersebut.

Di antaranya, kata Ketua DPRD periode 2014-2015 itu adalah menyelesaikan APBD sebelum 1 Desember serta mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan pemerintah daerah. Pra syarat menyelesaikan tepat waktu menurut dia, sudah dipenuhi sementara penilaian BPK atas LKPD harus optimis mampu meraih opini maksimal.

"Mendapatkan reward sebesar Rp25 miliar tentu nilai yang tidak sedikit. Mudah-mudahan insentif seperti itu dapat kita raih,"ingatnya.

No comments

Powered by Blogger.