Header Ads

Catatan Akhir Tahun Pemerintahan ODSK


                 Salah satu indikator keberhasilan pembangunan daerah juga ditentukan oleh kualitas manusia, termasuk para pemimpin di dalamnya. Tahun 2016 adalah tahun kebangkitan para pemimpin baru di Bumi Nyiur Melambai Provinsi Sulawesi Utara. Diawali dengan dikukuhkannya Bapak Olly Dondokambey SE dan Drs. Steven Kandouw [OD-SK] sebagai Gubernur Sulut dan Wakil Gubernur Sulut Periode 2016-2021, oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Wododo pada tanggal 12 Februari 2016 di Istana Negara Jakarta. Pengambilan Sumpah dan Janji kepada OD-SK dilaksanakan bersama dengan Enam Gubernur dan Wagub terpilih hasil Pilkada Serentak pertama Tahun 2015 lalu. Dengan demikian, OD-SK resmi menahkodai Sulawesi Utara untuk lima tahun kedepan.
                Tanggal 16 Februari 2016, Saudara Andrei Angouw resmi menjabat sebagai Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, melalui pelantikan yang dilaksanakan dalam sebuah sidang paripurna di gedung DPRD Provinsi Sulawesi Utara.
                17 Februari 2016, Gubermur Sulut Olly Dondokambey SE melantik Lima Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara, yakni masing-masing: Saudara Herson Mayulu dan Iskandar Kamaru sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan; Sehan S. Landjar dan Rusdi Gumalangit untuk Bolaang Mongondow Timur; Jimmy F. Eman dan Syerly Sompotan Kota Tomohon; Vonnie Panambunan dan Joppi Lengkong Kabupaten Minahasa Utara; serta Christiany E. Paruntu dan Franky D Wongkar untuk Kabupaten Minahasa Selatan.
               

Peresmian Pengoperasian Kapal KN Gajah Laut milik Bakamla RI di pelabuhan Samudra Bitung pada tanggal 18 Februari 2016, Menjadi starting point Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE bersama Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw dalam kunjungan kerja ke Kabupaten/Kota di tahun 2016.
                Rabu 24 Februari 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, menerima Pataka dari Kepala BNPB RI, Bapak Willem Rampangiley pada Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2016 di hotel Bidakara Jakarta. Penyerahan ini sekaligus menandai Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sebagai Tuan Rumah pelaksanaan Bulan Pengurangan Resiko Bencana yang akan dilaksanakan pada Oktober 2016.
      
          26 Februari 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey,SE di dampingi Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Minahasa sekaligus meresmikan Gapura batas Minahasa-Manado, dan Proyek jalan Kembes-Koka, serta jembatan Kendis dan Teteh Seng Saluhesem.
Di awal Bulan Maret, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 tentang Bebas Visa Kunjungan. Diberlakukannya Kepres ini, menjadi penguatan bagi Visi-Misi Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE untuk memajukan sektor Pawirisata di Bumi Nyiur Melambai dengan mendatangkan turis dari luar negeri. Hal itu terbukti dengan diterbitkannya Keputusan Presiden RI terkait dengan bandara Internasional Sam Ratulangi bebas visa kunjungan.
                Tanggal 10 Maret 2016, Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur Steven Kandouw kembali menegaskan Komitmennya dalam membangun Sulut dengan memantapkan citra Sulawesi utara di mata dunia lewat sektor pariwisata. Penegasan tersebut disampaikan pada saat membuka acara stakeholder meeting dalam rangka Kick Off program tata kelola destinasi pariwisata/Destination managemen Organization (DMO) Bunaken yang dilasakanakan di Hotel Quality Manado.
                Tanggal 12 Maret 2016, dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Wagub Drs Steven Kandouw (OD-SK), Mencanangkan Program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK), yang ditandai dengan penyerahan bibit kelapa unggul, serta penyerahan secara simbolis bantuan renovasi 65 unit rumah tidak layak huni (RTLH) untuk tiga kabupaten, yakni Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Minahasa tenggara.

                14 Maret 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven O.E. Kandouw menerima kunjungan Tim China Communication Construction Company (CCCC) serta anak Perusahaan CCCC China Road and Bridge Coorporation (CRBT) di Kantor Gubernur Sulut. Dalam pertemuan ini, Gubernur menyambut baik rencana CCCC dalam komitmen untuk melanjutkan kerjasama Kawasan Ekonomi Khusus Bitung.
                24 Maret 2016, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, meresmikian tujuh paket proyek jalan jembatan dan pasar di Kabupaten Minahasa Selatan. Peresmian yang di pusatkan di pasar Motoling, itu ditandai dengan penandatangan prasasti. Gubernur mengatakan, kehadiran pasar jalan dan jembatan setidaknya akan menjadi sarana dan prasarana dalam rangka menggerakan roda perekonomian daerah yang bermuara mensejahterakan rakyat minsel. Lebih lanjut gubernur menyampaikan, kedepannya akan dikembangkan peternakan sapi di kawasan motoling dan modoinding, karena kawasan ini sangat cocok untuk pengembangan sektor peternakan sapi, hal ini juga tentu akan meningkatkan mutu gizi dari generasi muda kita kedapan melalui konsumsi daging dan susu.
                Pada tanggal 28 Maret 2016 Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyatakan perlindungan terhadap anak dan kaum wanita menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah daerah dan pusat. Penegasan tersebut disampaikan Gubernur dalam acara makan malam bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Prof. DR Yohana Susana Yembise, bertempat di hotel peninsula manado. Terkait Perda Nomor 1 Tahun 2004 tentang pemberantasan TPPO, Pemprov tetap bersinergi dengan pemerintah pusat yakni kementrian pemberdayaan perempuan dan anak untuk menghindari terjadi tindakan perekrutan, pengangkutan, penampungan, pengiriman, kekerasan terhadap perempuan dan anak secara berkelanjutan. Untuk itu pemerintah provinsi sulut terus memerangi kekerasan terhadap anak dan perempuan.
                Selasa 29 Maret 2016, Sedikitnya 15 calon Investor dari Australia melirik sektor pariwisata di Provinsi Sulut, hal itu terungkap dalam pertemuan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven Kandouw bersama 15 calon investor Australia di pimpin Mr Debnath Guharoy dari Australia Indonesia Business Cuncil (AIBC), di ruang kerja Gubernur. Guharoy mengatakan, tujuan kedatang untuk melihat langsung keseluruhan potensi yang ada di Sulut terutama sektor pariwisata yang sangat potensial seperti taman laut.
                30 Maret 2016, Gubernur Sulawesi Utara bersama Wakil Gubernur didampingi unsur FORKOPIMDA, mengunjungi keluarga yang disandera abusayyaf antara Julian Philip di Sasaran Tondano Utara Kabupaten Minahasa, dan keluarga lainnya yang berada dijakarta, termasuk bertemu dgn Mneteri Luar negeri dalam upaya pembebasan sandera asal sulut. Dalam Pertemuan tersebut, Gubernur memberikan dukungan secara moril dan bantuan materiil kepada keluarga korban.
                Memasuki bulan April, tepatnya pada tanggal 4 April 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE didampingi Ketua DPRD Provinsi Sulut, Rektor Unsrat Prof Dr Ellen Kumaat, Bupati Minut Vonny Panambunan dan Kadis Diknas Sulut Asiano G Kawatu SE MSi, melakukan pemantauan sekaligus membuka Naskah Ujian Nasional (UN) di SMAN 1 Airmadidi. Kehadiran para pemimpin ini menambah rasa optimisme bahwa siswa peserta UN di Sulut bisa lulus 100%, karena Anak-anak Sulut memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. “Saya sangat optimis mereka akan meraih hasil yang baik, dan untuk semua pihak yang terlibat baik itu Guru maupun Siswa laksanakan Ujian Nasional dengan Jujur dan berintegritas” ujar Gubernur Sulut.
                Pada tanggal 5 April 2016, keseriusan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut dalam Visi dan Misi membangun Sulut melalui promosi pariwisata kembali dibuktikan dan terus mendapat respon positif dari berbagai pihak. Kali ini, giliran Negara Korea Selatan melalui Salah satu media besar asal korsel, Munhwa Media Rep yang datang ke Manado untuk bertemu  Pemerintah  Sulut, guna membicarakan kerjasama promosi pariwisata Sulut di Negara Korsel.
                9 april 2016, Kementrian Koordinator Maritim dan Sumber Daya Republik Indonesia yang dipimpin oleh Menteri Rizal Ramli, mensuport penuh langkah OD-SK dalam melestarikan kembali kehidupan yang ada di taman laut Bunaken guna menunjang pertumbuhan pariwisata Sulut. Pihak Kementrian Maritim dan sumber daya RI telah melakukan koordinasi dengan beberapa kementrian terkait guna memperbaiki kembali potensi pariwisata terbaik Sulut. Dukungan tersebut disampaikan Rizal Ramli di Kementrian Koordinator Maritim dan Sumber Daya RI, saat melakukan pertemuan bersama Gubernur dan Wakil Gubernur guna membahas langkah yang akan diambil dalam melestarikan pulau bunaken.
                14 April 2016, Gubernur Sulawesi Utara menerima kunjungan kerja Menteri Perhubungan RI, Ignatius Jonan di Provinsi Sulawesi Utara. Dalam pertemuan tersebut disampaikan bahwa  kondisi Bandara  Internasional Sam Ratulangi perlu mendapatkan perhatian guna mendukung Sektor Pariwisata sebagai salah satu Leading Sector Unggulan Sulut. Utamanya pengembangan dalam hal perluasan Terminal kedatangan dan keberangkatan sebagai Etalase/Show Window. Diusulkan agar Run Way/Landasan Pacu Bandara Sam Ratulangi yang kondisi saat ini berjarak 2650 Meter, dapat di tambah sepanjang 150 Meter menjadi 2800 meter, sehingga nantinya dapat di darati oleh Pesawat-pesawat berbadan lebar, semisal Air Bus type A 350 yang berkapasitas sekitar 400 penumpang, termasuk Penambahan Jam Operasional Terminal Bandara, yang kondisi saat ini beroperasi 17 Jam, menjadi 24 Jam penuh.
                Tanggal 18 April 2016, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE membuka secara resmi pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Provinsi Sulut Tahun 2016-2021 di Sutan Raja Hotel-Minut, sebagai salah satu wadah untuk melegitimasi janji politik yang disampaikan kepada rakyat.               
                19 April 2016, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo SH menyatakan pelabuhan Bitung akan menjadi Pangkalan Utama Keamanan Kawasan Perbatasan. Pernyataan  Mendagri itu disampaikan saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara 2017 di Hotel Sutan Raja Kalawat Minut. Lanjut dijelaskan, Provinsi Sulawesi Utara adalah provinsi Perbatasan yang harus dijaga dengan baik. Dalam rapat penyusunan perencanaan alutsista dan pengembangan kawasan pertahana RI, disampaikan bahwa Bitung harus menjadi Pangkalan Utama Keamanan Kawasan Perbatasan.
                Pada tanggal 21 April 2016, Gubernur bersama Wakil Gubernur Sulut bertolak dari Manado menuju Kabupaten Kepulauan Talaud untuk melakukan kerja di dua pulau perbatasan terluar, yakni Desa Dampulis Pulau Marampit dan Desa Karatung di Pulau Nanusa Kec. Nanusa. Dalam pertemuan tersebut, Gubernur menjanjikan akan merekrut siswa-siswi lulusan terbaik tingkat SMP daerah untuk disekolahkan di SMU Lokon Tomohon serta memberikan beasiswa pemerintah.
               
                Pada tanggal 1 Mei 2016, Pengresmian pengoperasian 12 Pelabuhan Laut di Sulawesi Utara oleh Menteri Perhubungan RI Ignatius Jonan, dalam kunjungan kerja di Kota Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe.
                2 Mei 2016, Duta Besar berkuasa penuh RI di Serbia dan Montenegro, Bapak Harry James Kandouw, SH menyatakan, pihaknya akan membangun kerjasama di sektor pariwisata antara pengusaha Sulut dengan pengusaha Serbia dan Montenegro. Pernyataan itu disampaikan Dubes kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Drs Steven Kandouw serta Forkopimda Sulut di celah-celah Peringatan Hardiknas 2016 di Halaman Kantor Gubernur Sulut.
                Ditanggal yang sama, dalam peringatan Hari Buruh Intenasional “May Day” yang digelar KSPSI Sulut di halaman Kantor Gubernur Sulut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE berharap kemitraan dunia usaha, buruh dan pemerintah kedepan akan berjalan dengan baik.
                Tanggal 3 Mei 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96 Kodam VII/Wirabuana di Desa Wuwuk Kec. Tareran Minahasa Selatan. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya bahkti.
                Tanggal 9 Mei 2016, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE melantik Dr. Ir. Goodbless Sovcar Vecky Lumentut, SH. M.Si dan Mor Domianus Bastiaan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado Periode 2016-2021 di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado.
                16 Mei 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE membuka secara resmi Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Se Indonesia di Lapangan Koni Sario Manado.
                17 Mei 2016, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam Sidang Majelis Sinode Istimewa (SMSI) ke-78 GMIM di Wale Ne Tou Tondano Minahasa, telah melaksanakan penanadatangan Memorandum of Understanding (MoU) tentang penguatan program badan pembentukan peraturan daerah (Bapemperda) bersama seluruh Bupati/Walikota se- Sulut, Para Ketua DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota se- Sulut bersma Kakanwil Kemenkumham Provinsi Sulut Dr H Sudirman D. Huri SH MM MSc, dengan disaksikan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly.
                20 Mei 2016, Gubernur Sulawesi Utara bersama Wakil Gubernur Sulut mengikuti Teleconfrence Launching E-Perda yang dilaksanakn oleh Kementerian dalam negeri di Ruang WOC Kantor Gubernur. Dalam teleconfrence peluncuran E-Perda ini, Gubernur menyambut baik adanya efisiensi dalam penyusunan perda, khususnya biaya dan waktu konsultasi yang semakin efisien dengan adanya sistem online ini.
                23 Mei 2016, Ketua gerakan pramuka nasional DR Adhyaksa Dault melantik Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE bersama Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kondouw sebagai Ketua dan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sulut masa bakti 2016-2021 di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado.
                Tanggal 29 Mei 2016, Pelaksanaan Kegiatan Launching dan Press Conference Tomohon International Flower Festival (TIFF) ke 6 tahun 2016. Dengan mengambil tema Enchating Tomohon di Jakarta.
                Tanggal 30 Mei 2016, kegiatan penyelaman bersama dalam rangka monitoring transpalansi terumbu karang di pantai boboca malalayang Manado, sebagai kelanjutan dari program Save Our Littoral Life Korps Marinir TNI AL Tahun 2016 di Sulut. Kegiatan ini juga disaksikan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokbey SE dan Komandan Korps Marinir, bersama unsur Forkopimda Provinsi Sulut.
               
                1 Juni 2016, Direktur Eropa Timur dan Eropa Tengah Kemlu RI Witjaksono Adji didampingi mantan Dubes RI untuk Kroasia yang kini menjabat sebagai fungsional Diplomat Utama Kemlu RI Agus Sarjana di ruang kerja Gubernur, berjanji akan mempromosikan berbagai potensi produk unggulan Sulut ke Eropa Timur dan Eropa Tengah.
                Tanggal 7 Juni 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, bersama Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven O E Kandouw menghadiri buka puasa bersama Umat Muslim di Lapangan KONI Manado.
                Sabtu 11 Juni 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Sulawesi Utara untuk bersama menjaga dan melestarikan Taman Laut Bunaken demi generasi masa depan. Hal tersebut disampaikan Gubernur saat menghadiri peringatan Coral Triangle Day 2016 yang dirangkaikan dengan acara gerakan save bunaken bertempat di Pulau Bunaken.
                12 Juni 2016, Komitmen dan Upaya dalam memajukan Provinsi Sulawesi Utara dalam segala bidang, terus digalakkan Kepemimpinan Duet OD-SK, termasuk dalam aspek eksistensi memajukan penyelenggaran MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition), dimana Provinsi Bumi Nyiur Melambai Sulut siap menggelar Perhelatan bertaraf Nasional yakni Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016. Hal ini dibuktikan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Perjanjian Kerja Sama dan Peluncuran Kegiatan Apresiasi Film Nasional (AFI) Tahun 2016, Antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Kemendikbud RI yang di gelar di ruang Plaza Gedung A Lt. 1 Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI oleh Gubernur Olly Dondokambey SE dan Menteri Anies Baswedan, juga oleh Wagub Drs Steven OE Kandouw dan Sekjen Kemendikbud RI Didik Suhardi, PhD.
                15 Juni 2016 Gubernur Sulut bersama Wakil Gubernur menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Sulutgo di Hotel Ibis Manado. Dalam pertemuan ini kembali gubernur menegaskan keseriusannya terhadap program pengentasan kemiskinan yang merupakan program prioritas ODSK. Diharapkan Perbankan akan mengambil peran sebagai mitra terandalkan pemerintah dalam memanjukan perekonomian daerah, khususnya dalam basis ekonomi kerakyatan.
                Kamis 16 Juni 2016, Untuk yang ke-5 kalinya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemprov Sulut Tahun Anggaran (TA) 2015 dari BPK RI. Penyampaian Opini WTP ini di lakukan Anggota VI BPK RI Prof Dr Bahrullah Akbar MBA CMPM di sela-sela Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sulut.
                20 juni 2016, Sulawesi Utara berduka, bencana banjir bandang dan tanah longsor menerjang 8 kecamatan di Kota Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe. Kurang lebih 2000 orang harus mengungsi atas kejadian ini, serta mengakibatkan kerugian materiil yang sangat besar.
                23 Juni 2016, Konsulat Jenderal India untuk Indonesia Ro Sunil Babu memuji berbagai langkah pembangunan Sulawesi Utara yang di gagas oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, utamanya di sektor pariwisata yang sangat baik dan menjanjikan untuk mendunia. Pernyataan tersebut di ungkapkan Babu saat melakukan pertemuan bersama Wagub Steven Kandouw di ruang kerjanya.
                Jumat 24 Juni 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE menyerahkan berbagai bantuan tanggap darurat kepada kurang lebih 2000 pengungsi korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Bantuan yang diberikan Gunernur meliputi 2 ribu selimut, 2 ribu matras, 7 buah tenda posko bencana, serta telah menurunkan 10 personil tenaga spesialis masak untuk 7 dapur umum, serta telah menurunkan bantuan taruna siaga bencana (tagana). Sedangkan untuk korban minggal telah menerima bantuan masing-masing Rp.15 juta rupiah.
                28 Juni 2016, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bersama Wagub Sulut Drs Steven Kandouw melakukan safari ramadhan perdana sekaligus buka puasa bersama dengan pemerintah dan masyarakat Kota Kotamobagu yang bertempat di rumah jabatan Walikota Kotamobagu.
               
                Tanggal 4 Juli 2016, Gubernur dan Wakil Gubernur bersama Owner Lion Air, menjemput ratusan turis asal tiongkok yang merupakan rombongan pertama sekaligus menandai Resmi Beroperasinya Penerbangan Tiongkok-Manado.
                5 Juli 2016, Gubernur Sulut Olly Domdokambey SE, melepas Pawai Takbiran dalam rangka menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah dari halaman Kantor Gubernur Sulut dan finis di Masjid Miftahul Janna Kelurahan Titiwungen Utara Manado.
                7 Juli 2016, nuansa kebersamaan kembali hadir dalam memaknai hari raya idul fitri. Kegiatan safari silahturahmi dilaksanakan usai pelaksanaan solad ied dengan berkunkung ke kediaman para pejabat dan mantan pejabat muslim di Sulawesi Utara.
                11 Juli 2016, dilaksakan inspeksi mendadak Oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara ke sejumlah SKPD di lingkup Pemprov. Sulut. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengecek langsung keseiapan pegawai pada hari perta kerja usai libur panjang.
                12 Juli 2016, 180 Turis dari Hongkong tiba di Sulwesi Utara. Ini adalah penerbangan perdana Hongkong-Manado dengan maskapai Citylink, sekaligus awal buah dari kerja keras Gubernur dan Wakil Gubernur dalam memajukan pariwisata di Bumi Nyiur Melambai.
                14 Juli 2016, pelaksanaan rapat paripurna dewan Kota Manado dalam rangka Hut ke-393 Kota Manado.
                19 Juli 2016, Wakil Gubernur Sulawesi Utara melepas Kontingen Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Sulut, yang akan mengikuti kegiatan Jumbara tingkat nasional ke VIII di Kabupatem Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 23 sampai dengan 31 Juli 2016 mendatang.
                20 Juli 2016, Gubernur Sulawesi Utara melantik Kepala Badan Pengelola Perbatasan Provinsi Sulut sebagai Penjabat Bupati Bolaang Mongondow di ruang Mapalus Kantor Gubernur.
                23 Juli 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melepas Tim Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut yang akan mengikuti Persatuan Olahraga Wartawan  Nasional (PORWANAS) 2016 di Kota Bandung Jawa Barat.
                Tanggal 26 Juli 2016, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw Bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut Dr. Kartika Defi Tanos menghadiri pembukaan kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) tingkat nasional ke VIII di bumi perkemahan Tonase I, Kabupaten Pangkajene Kepulauan Provinsi Sulawesi Selatan.
                 Tanggal 27 Juli 2016, Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw dilantik oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE sebagai Ketua Komisariat Daerah Lanjut Usia Provinsi Sulut periode 2016-2021 pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2016 yang berlangsung di halaman kantor Bupati Minut.
                Di tanggal yang sama pula, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mendorong Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk bersama Pemprov Sulut mengembangkan sektor pariwisata yang ada di provinsi Sulut. Hal tersebut disampaikan Gubernur dalam acara penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov Sulut dan BRI tentang aliansi strategis dalam pengembangan Badan Usaha Milik Pemerintah Daerah Provinsi Sulut di bidang perbankan yang bertempat di hotel Sutan Raja Minut.
                28 Juli 2016, Dipeloporinya pembangunan perumahan Sola Gratia, yang diperuntukan bagi para Pendeta, Guru Agama dan Pekerja Gereja/Oikumene Dengan mengandeng PT Matuari Maju, Ormas Gerakan Sulut Membangun (GSM) serta Bank Sulutgo.
                2 Agustus 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE menyerahkan Bonus untuk Tujuh atlet yang berhasil mendulang medali bagi Kontingen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Sulawesi Utara di Porwanas ke 12 Bandung Jawa Barat.
Pada 3 Agustus 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE menyampaikan berbagai tantangan dan harapan Pemerintahan (OD-SK) dalam bidang Ekonomi, saat acara Serasehan Nasional yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) yang dihadiri pembicara Gubernur BI Agus Martowardojo, Menko Perekonomian Darmin Nasution serta Mendagri Tjahjo Kumolo dan seluruh Gubernur se-Indonesia.
6 agustus 2016, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw melepas Gebyar Linow Like 10 K, Ajang Semarakkan TIFF 2016.
Tanggal 7 Agustus 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE bersama Ibu Rita Maya Tamuntuan, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandou bersama ibu dr Kartika Devi Kandouw Tanos, Sekprov Sulut Ir. Siswa R. Mokodongan, menyambut Kedatangan Presiden RI ke- 5 sekaligus Ketua Umum DPP PDIP ibu Megawati Soekarno Putri di Provinsi Sulawesi Utara.
Selanjutnya pada tanggal 8 Agustus 2016, Tomohon International Flower Festival (TIFF) dibuka secara Resmi oleh Presiden RI ke-5 ibu Megawati Soekarno Putri. Pada kesempatan tersebut Megawati di dampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Sulut Steven Kandouw menyaksikan parade mobil bunga hias yang akan mengikuti perlombaan.
Dihari yang sama, Gedung Gereja Jemaat GMIM Bukit Moria Tikala Baru Wil. Manado Timur IV Manado Diresmikan oleh Presiden RI ke-5 ibu Hj. Megawati Soekarno Putri bersama Pdt DR HWB Sumakul dan disaksikan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE, Wagub Sulut Drs. Steven Kandou, SE serta Pdt Ekmon Mayampo S.Th, ditandai dengan penandatanganan prasasti.
10 Agustus 2016, Pengurus DPP LVRI Mayjen TNI Marinir (Purn) Nono Sukarno di selah-selah Upacara peringatan Hari Veteran Nasional Tingkat Provinsi Sulut yang berlangsung di Monumen Nasional Trikora Mandala Sakti Pulau Lembe Kota Bitung, memberikan Medali Bintang Veteran RI kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE.
Tanggal 12 Agustus 2016, Pencanangan rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan RI dan peringatan HUT ke-52 Provinsi Sulut oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE didampingi Ketua TP PKK Sulut Ibu Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan yang ditandai dengan pelepasan balon dan burung merpati, pertandingan olahraga persahabatan, donor darah, penanaman pohon, serta penarikan door prize.
14 Agustus 2016, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bersama Ketua BPMS GMIM Pdt. DR. H.W.B. Sumakul, Anggota DPR-RI Jendry Keintjem SH, melaksanakan peletakan batu pertama rehabilitasi pembangunan gedung gereja.
Bersamaan dengan itu, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw, mengukuhkan 30 Anggota Paskibraka Provinsi Sulawesi Utara di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara.
17 Agustus 2016, Pelaksanaan Upacara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-71 Kemerdekaan Indonesia, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE tampil Perdana selaku Inspektur Upacara dan Danyon Raider 712 Wiratama bertindak Selaku Komandan Upacara.
Selanjutnya, pelaksanaan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Prov. Sulut dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE berbagi kasih dengan Keluarga Pahlawan dan Veteran Kemerdekaan di Provinsi Sulut, usai upacara peringatan ke-71 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Provinsi Sulut sebagai bentuk penghargaan terhadap Jasa para Pahlawan.
Di hari yang sama, dalam rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI Tahun 2016, juga telah diberikan remisi kepada 1202 narapidana yang tersebar di 12 Lembaga Pemasyarakatan dan Rutan di Provinsi Sulut. Selain itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE Selaku Inspektur Upacara juga menyerahkan uang jalan bagi napi yang telah selesai menjalani hukuman.
Acara Toast Kemerdekaan di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado pada 17 Agustus 2016 sebagai ungkapan rasa syukur Rakyat Sulawesi Utara dalam memperingati ke-71 Tahun Kemerdekaan RI di Bumi Nyiur Melambai.
Tanggal 20 Agustus 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE disaksikan segenap warga GMIM, telah meresmikan bangunan baru, gedung paulus di Rumah Sakit (RS) Pancaran Kasih.
Pada 21 Agustus 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE menghadiri ibadah syukur HUT ke-140 Jemaat GMIM Syalom Paniki Atas Wilayah Mapanget 1 Manado.
Pada 22 Agustus 2016, atas perjuangan dan kerja keras bersama, kini Kepolisian Daerah (POLDA) Sulawesi Utara resmi menyandang status POLDA Tipe A, setelah dikukuhkan Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan.
Tanggal 23 Agustus 2016, Pameran 11 pulau terluar yang diselenggarakan di Manado Town Square (Mantos) secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur sulawesi utara Drs. Steven Kandouw.
Tanggal 29 Agustus 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE didampingi Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw menyerahkan sertifikat rumah Tipe 60 kepada Liliana Natsir sebagai penghargaan atas jasa besarnya mengharumkan nama Bangsa Indonesia dan Daerah Sulawesi Utara dengan merebut medali emas di ajang Olimpiade Rio De Jeneiro Brasil.
Selanjutnya, Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan Selaku Ketua Tim Pengerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sulut, melepas lomba barisan/defile TP PKK Provinsi dan TP PKK 15 Kabupaten/Kota, pada 30 Agustus 2016.

Rangkaian agenda Pemerintah di Bulan September diawali dengan acara penutupan rangkaian kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FSL2N) tingkat Nasional oleh Drs. Steven Kandouw di hotel Sutan Raja Minahasa Utara pada 2 September 2016.
Kemudian pada tanggal 5 September 2016, secara resmi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE membuka kegiatan Festival Seni Budaya Bantik 2016 sebagai bentuk Peringatan Gugurnya Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi ke-67 di Lapangan Bantik Malalayang Manado.
Selanjutnya, Wakil Gubernur Drs. Steven O.E Kandouw bersama Pj. Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung SH menghadiri Perayaan Hari Raya Galungan pada 7 September 2016 di Pura Puseh Desa Adat Kembang Mertha Kecamatan Dumoga Timur.
Pada 11 September 2016, dalam momen Ibadah Syukur HUT ke-29 Jemaat GMIM Viadolorosa Kairagi Dua Manado, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE mengajak Pendeta, Pelsus dan Jemaat GMIM sebagai bagian dari masyarakat, untuk Menopang Program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK).
15 September 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE menguraikan panjang lebar kondisi terkini Daerah dan Program Strategis terkait dengan kelistrikan yang ada di Provinsi Sulawesi Utara dalam pertemuan dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Kantor Kementerian LHK Gedung Manggala Wana Bakti Jakarta pusat.
Selanjutnya pada tanggal 17 September 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw selaku Ketua Kontingen PON Sulut menghadiri Upacara Pembukaan PON XIX 2016 di Bandung Jawa Barat yang dibuka langsung oleh Presiden RI, Ir Joko widodo ditandai penekanan Tombol Sirine dan diakhiri Penyulutan Api PON oleh 7 Atlit Legenda Nasional.
Pada 19 September 2016, Pelantikan pengurus HKTI se-Provinsi Sulut yang dilakukan oleh Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) HKTI Fadli Zon di M.Icon Convention Hall Manado pada 19 September 2016.
19 September 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE selaku inspektur upacara, menyampaikan sambutan tertulis Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2016, yang berlangsung di Perum Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.
20 September 2016, Dalam rangka memperingati HUT ke-52 Provinsi Sulawesi Utara, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw, berziarah dan melakukan tabur bunga di makam para Mantan Gubernur dan Mantan Wakil Gubernur Sulut serta melakukan anjangsana dan menyerahkan bantuan Sosial pada Panti Sosial Tresna Wreda Ina I Sahati di Kelurahan Tounkuramber Kabupaten Minahasa.
22 September 2016, Pameran Pembangunan dan Promosi Hasil Produk Daerah Sulawesi Utara Tahun 2016 resmi dibuka oleh  Gubernur Sulawesi Utara.
Tanggal 23 September 2016, Upacara Puncak Peringatan HUT ke-52 Provinsi Sulut dilaksanakan di Halaman kantor Gubernur. Bertindak sebagai Inspektur Upcara, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyampaikan rasa kebanggaannya serta terima kasih yang tulus kepada Rakyat Sulawesi Utara yang Bersama-sama mendukung setiap program kerja pemerintah daerah.
27 September 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE selaku pemegang saham pengendali mengumumkan formasi 10 nama pengurus PT Bank Pembanguan Daerah Sulutgo periode 2016 s/d 2020 dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
Rabu 28 September 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE yang tampil sebagai Keynote Speaker (Narasumber Utama) dalam Fokus Discussion Menuju Pariwisata Berkelanjutan Sulawesi Utara, yang digelar Bank Indonesia Cabang Sulut bersama salah satu Media Nasional di Sintesa Peninsula Manado.
30 September 2016, Ibadah Syukur HUT ke-82 GMIM Bersinode berlangsung di Stadion Dua Saudara Kota Bitung yang dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, dalam kesempatan tersebut Gubernur mengatakan bahwa, GMIM dituntut berkontribusi bagi pembangunan daerah dan bangsa.

1 Oktober 2016, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw Menggelar Musyawarah Wilayah Perdana bersama Alumni lulusan Universitas Indonesia (UI) yang berkarir di Sulawesi Utara, Dalam acara tersebut Wakil Gubernur mengajak Para Alumni untuk bersama membangun daerah nyiur melambai ke arah lebih baik dan sejahtera.
Dalam Pembukaan Peparnas XV yang diperuntukan Para Atlit Difabel  pada tanggal 3 Oktober 2016, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw mengajak kepada seluruh atlit olahraga yang berasal dari provinsi sulut untuk menjadi atlit yang berintegritas.
Pada 4 Oktober 2016, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw membuka secara resmi jalannya Sidang Majelis Sinode Tahunan ke-29 GMIM, dalam sambutan beliau mengajak para pendeta dan jemaat yang ada dalam wadah GMIM, untuk bersama-sama dengan pemerintah guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IMP) Sulut demi mensejahterakan rakyat.
Pada 5 Oktober 2016, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bertindak selaku Inspektur Upacara peringatan HUT ke-71 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tingkat Provinsi Sulut yang berlangsung di Lapangan Megamas Manado.
Di hari yang sama, dalam momen pertemuan bersama Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budhi Karya Sumadi, Gubernur Sulawesi Utara menjajaki Kerjasama terkait Pembangunan Bandara Udara Miangas di Kabupaten Talaud.
7 Oktober 2016, Dilaksanakan Rapat koordinasi antara panitia Pusat dan Daerah dalam rangka peringatan bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Nasional dan Asean Ministerial Meeting On Disaster Management (AMMDM) serta Asean Comite On Disaster Meeting (ACDM) Tahun 2016.
Pada 7 Oktober 2016, Ketua Umum Panitia Apresiasi Film Indonesia (AFI) Ir Rita Maya Dondokambey bersama Wakil Ketua Umum AFI dr Kartika Devi Tanos MARS, melepas Road Show artis Ibu Kota yang akan menghadiri malam penganugerahan AFI di Manado.
Tanggal 8 Oktober 2016, Malam penganugerahan Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016 yang bertempat di Grand Kawanua International Centre (GKIC).
Dihari itu juga, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE memberi apresiasi kepada segenap pemerintah dan seluruh elemen masyarakat Kota Bitung atas suksesnya perhelatan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) tahun 2016 yang berlangsung di area Pelabuhan Perikanan Samudera Aertembaga Bitung.
12 Oktober 2016 Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, melantik Kepala Kaban Kesbang dan Politik Provinsi Sulut Edwin Silangen SE, MA, pada jabatan yang baru sebagai Sekretaris Provinsi Sulut menggantikan pejabat lama Ir. Siswa R Mokodongan.
Kunjungan Duta Besar Indonesia Untuk Philipina Letjen (Purn) Jhonny Lumintang, dijamu Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE bertempat di ruang kerja Gubernur  pada 12 Oktober 2016.
Tangal 13 Oktober 2016, Penanaman Tanaman Mangrove dalam rangka Penanggulangan Bencana oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Dr. Ir. M. Basoeki Hadimoeljono, MSc, didampingi oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondodokambey SE bersama dengan delegasi Menteri Negara-Negara ASEAN.
Dihari yang sama, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, memberikan apresiasi yang tinggi sekaligus ucapan terima kasih kepada seluruh delegasi tingkat Menteri Negara-Negara ASEAN yang membidangi penanggulangan bencana, atas terpilihnya Provinsi Sulawesi Utara menjadi tuan rumah penyelenggaraan Event Regional 4th ASEAN Ministerial Meeting on Disaster Management and 5th of the Meeting of the Converence of the Partner to AADER ASEAN Day for Disaster Management 2016 Indonesia Disaster Risk Reduktion Month.
14 Oktober 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE menerima bantuan peralatan dalam rangka penguatan kelembagaan di BPBD se-Provinsi Sulut senilai Rp.30.663.556.190,-.
Tanngal 16 Oktober 2016, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw, menutup seluruh rangkaian kegiatan Asean Ministrial Meeting on Disaster Management (AMMDM) bertempat di GKIC Manado.
17 Oktober 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, bersama Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Unsur Forkopimda Sulut, dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung MSi, berangkat menuju Pulau Miangas di Kabupaten Kepulauan Talaud dengan menggunakan pesawat khusus jenis Foker milik TNI AURI.
18 Oktober 2016, Penyerahan Sertifikat Tanah Prona tahun 2016 kepada 1081 penerima se-Sulawesi Utara oleh Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional RI Sofyan Djalil, di Dampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, yang bertempat di kantor Bupati Minahasa Utara Aermadidi.
Pada 19 Oktober 2016, Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo bersama Ibu Hj Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepualauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka meresmikan Bandar Udara Miangas, sekaligus menjadikan Miangas sebagai beranda terdepan NKRI.
Pada 20 Oktober 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE menghadiri rapat koordinasi (Rakor) Gubernur se Indonesia bersama Presiden Jokowi di Istana Negara.
Pada 21 Oktober 2016, Kantor Sinode GMIST Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sulut ibu Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan. Dalam Kunjungan Kerja tersebut, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE memberikan berbagai bantuan bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe.
pada 24 Oktober 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE di dampingi Sekprov Edwin Silangen SE MS menerima kunjungan Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge dan Head Of Development Jacon Stensdal Hansel, bertempat di kediaman pribadi Gubernur Desa Kolongan Minut.
25 Oktober 2016, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw saat melakukan Inspeksi Mendadak (sidak) di UPTD kantor Samsat Bolaang Mongondow di Kota Kotamobagu.
Selanjutnya pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 tanggal 28 Oktober 2016 yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Sulut. bertindak Selaku Inspektur Upacara, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw dan Ketua DPD I KNPI Sulut Jackson H Kumaat, SH, SE bertindak selaku Komandan Upacara.
31 Oktober 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, menyambut kedatangan Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Brian Mcfeeters di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

1 November 2016, telah dilaksanakan upacara pembukaan latihan bersama antara Angkatan Udara Amerika Serikat dan TNI-AU, dengan sandi "Cope West" di Appron Bandara Sam Ratulangi Manado.
Tanggal 2 November 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), yang ditandai dengan pemasangan Pin Saber Pungli Provinsi Sulut kepada perwakilan peserta di halaman Mapolda Sulut. Ditempat yang sama, Gubernur juga memimpin Apel Kebangsaan dan Kesiapsiagaan Kontijensi Provinsi Sulut.
Pada Tanggal 9 November 2016, Wagub Drs Steven OE Kandouw bersama rombongan bertolak ke Jenewa Swiss dalam misi mengangkat sektor pariwisata daerah, untuk melakukan lobi dengan Dewan Gereja se-Dunia agar kedepan perayaan Paskah Internasional dapat diselenggarakan di Sulawesi Utara.
11 November 2016, Delegasi utusan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw bertemu langsung dengan pengurus World Council of Churches (WWC) di Jenewa Swiss.
Tanggal 14 November 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE menerima Penghargaan dan Penganugrahan Warga Kehormatan oleh Kepala Korps Brimob Polri Irjen Pol Murad Ismail. Bertempat di Mako Brimob Polda Sulut Kalasey, Atas jasa-jasanya dalam memberikan perhatian dan partisipasinya terhadap pengembangan Korps Brimob Polri.
Pada 17 November 2016, dilaksanakan penandatangan MoU oleh Pemerintah   Provinsi Sulawesi Utara bersama Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)  untuk kerjasama  dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan pengabdian pada masyarakat bagi Praja IPDN.
16 November 2016, Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Utara Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan melantik pengurus Dekranasda Provinsi Sulawesi Utara yang dirangkaikan dengan Rapat Kerja Daerah Dekranasda di Graha Gubernuran.
Pada 22 November 2016, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw menghadiri acara Sidang Lengkap ke 24 Sinode Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST).
Pada 28 November 2016, Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, membuka secara resmi  Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2016, dengan tema  Pohon dan Hutan Rakyat untuk Kehidupan  kesejahteraan  Sumber Devisa Negara.
Pada tanggal 30 November 2016, dilaksankanlah Apel Akbar dan Parade Nusantara Bersatu dalam rangka mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjaga keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Koni Manado dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven. O. E. Kandouw, Forkopimda Sulut dan Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, SE.

Measuki Bulan Desember, di tanggal 1 Desember 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE meresmikan pengoperasian Rumah Sakit Umum GMIM Tonsea, yang bertempat di kelurahan Saroinsong 1 Kecamatan  Airmadidi  Kabupaten Minahasa Utara.
Tanggal 2 Desember 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, menghadiri perayaan Natal Kerukunan Keluarga Pendeta dan Guru Agama  (KKPG), serta Vikaris GMIM Rayon Minahasa yang bertempat di Wale NeTou Tondano.
Selanjutnya, Gubernur  Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE didampingi Ketua TP-PKK Ir Rita Maya Tamuntuan, Kapolda Sulut Irjen (Pol) Wilmar Marpaung dan Sedaprov Sulut Edwin Silangen SE, MS, menghadiri Opening Christmas Great New Year Sale Mantos, pada tanggal 4 Desember 2016.
6 Desember 2016, nonton bareng Film Senja Kala Di Manado, Keluarga Dondokambey-Tamuntuan bersama para anak yatim piatu, serta para petugas kebersihan.
Tanggal 7 Desember 2016, Wakil Gubernur Sulawesi Utara  Drs Steven O. E. Kandouw membuka secara resmi pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Dana Desa yang berlangsung di Hotel Sutan Raja Kota Kotamobagu.
Di hari yang sama, Presiden RI Ir Joko Widodo secara simbolis menyerahkan Daftar Isian Penyelenggaraan Anggaran (DIPA) 2017 kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE di Istana Negara Republik Indonesia.
10 Desember 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE menerima Penghargaan Satya Lencana Aditya Karya Mahatva Yodha Award 2016 sebagai Pembina Umum Karang Taruna Terbaik Tingkat Provinsi 2016 oleh Pengurus Pusat Karang Taruna. Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi kepada Olly Dondokambey dalam membangun Sulut untuk Kategori pengentasan Kemiskinan.
11 desember 2016, Safari Natal Pemprov Sulut yang dipimpin oleh Gubernur Sulawesi Utara didampingi Ketua TP PKK Sulut di Gereja GMIM Bukit Moria Toure Wilayah Tumompaso, Kecamatan Tompaso Barat Kabupaten Minahasa. Dalam kegiatan ini, rombongan disambut oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi bersama jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa.
Tanggal 12 Desember 2016, Peringatan HUT Ke-17 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2016. Dalam rangkaian kegiatan, DPW yang di Ketuai Ibu Ivonne Silangen-Lombok mengajak jajaran DPW Sulut dalam gelar agenda Anjangsana ke Panti Jompo. Kegiatan ini menjadi semakin semarak, karena bertepatan juga dengan perayaan HUT Istri tercinta Gubernur Sulut, Ibu Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan yang dirangkaikan dengan Ibadah Pra Natal Kelahiran Jesus Kristus. 
Tanggal 13 Desember 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE menerima kunjungan Duta Besar Thailand untuk Indonesia, Mr. Paskorn Sriyapan di kediaman Pribadi, desa Kolongan Minahasa Utara.
Pada tanggal 13 Desember 2016, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, dalam Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan menanam Nasional Tingkat Provinsi Sulut yang bertempat di Taman Hutan Rakyat Komplek Gunung Tumpa Manado, menghimbau akan pentingnya menanam pohon untuk semua elemen masyarakat guna mengurangi resiko bencana alam, utamanya bencana tanah longsor.
Pada 14 Desember 2016, dalam kegiatan safari natal di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, telah menetapkan bahwa Program bantuan untuk kecelakaan dan Kesehatan bagi Nelayan Sangihe akan menjadi Program Pemprov Sulut bersama Pemkab Kepulauan Sangihe.
17 Desember 2016, Digelar iven pawai kendaraan hias Natal yang diikuti 80-an peserta, baik instansi Vertikal maupun SKPD Pemprov Sulut di Jln. Pierre Tendean Boulevard sebagai rangkaian dari kegiatan Christmas Festival.
17 Desember 2016, Putri Raja Thailand, Royal Highnes Princess Sirivannavari Nariratana dengan Pengawalan Super Ketat oleh Pasukan Pengamanan Pemerintah Thailand, tiba di Sulawesi Utara dan disambut hangat oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw.
Tanggal 18 Desember 2016, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita bersama Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE meninjau Lokasi Pertamina Geothermal Energy Tompaso Kabupaten Minahasa. Kunjungan menteri dalam rangka melihat kesiapan Natal Nasional dan PLTP  yang akan di resmikan Presiden RI Joko Widodo pada 27 desember nanti.
Pada 21 Desember Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Sulut, mengikuti Upacara Bela Negara yang dilaksanakan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut.
Tanggal 23 Desember 2016, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyatakan dukungannya terhadap peningkatan kesehatan masyarakat di Sulut melalui program-program seperti halnya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang sangat berguna untuk masyarakat.
25 Desember 2016, Wakil Gubernur Sulawesi Utara dalam pesan Natal yang disampaikan saat ibadah bersama jemaat GMIM Eben Heazer Bumi Beringin Manado, menyampaikan bahwa Provinsi Sulawesi Utara bisa menjadi provinsi yang hebat karena masyarakat saling mengasihi, menghargai antar sesama.
27 Desember 2016, sejarah baru tercipta di bumi nyiur melambai, karena setelah sukses mendatangkan puluhan ribu turis mancanegara, kini untuk pertama kalinya Ibadah Perayaan Natal Nasional diselenggarakan di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara, dan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Dalam pidatonya di Wale Ne Tou Tondano, Jokowi mengajak seluruh elemen bangsa untuk memperkuat persaudaraan dan cinta sesama anak bangsa.
Pada 27 Desember 2016 Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondkambey, SE mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan yang berlokasi di Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.(tim)

No comments

Powered by Blogger.