Header Ads

Gubernur Apresiasi Program UC Walikota Manado


Gubernur dan Walikota saat Kegiatan Penandatanganan MoU

Jurnal,Manado - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kota Kabupaten se-Sulawesi Utara (Sulut) di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Sulut, Jalan 17 Agustus Manado, Jumat (23/12/2016) sore.

Penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut terkait integrasi Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) ke Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dimana, seluruh bentuk Jamkesmas yang ada di kota kabupaten secara terintegrasi masuk dalam JKN-KIS.
MoU dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado langsung dilakukan Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dengan Direktur Utama (Dirut) BPJS Kesehatan Prof DR dr Fachmi Idris MKes, disaksikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE.

Dalam sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey SE (OD) memuji Program kesehatan semesta Universal Coverage (UC) atau layanan kesehatan gratis Pemkot Manado. Olehnya, Gubernur OD menantang BPJS Kesehatan untuk lebih meningkatkan layanan kesehatannya agar tidak dikomplein masyarakat.

“Saya berterima kasih kepada Pak Walikota Manado yang memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat hanya dengan menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk). Ini barangkali akan menjadi tantangan bagi BPJS dalam meningkatkan layanan kesehatannya. Jangan sampai masyarakat membanding-bandingkan program Pemkot dengan BPJS,” tukas Gubernur OD.

Orang nomor satu di Sulut itu juga bersyukur dari 2,7 juta penduduk Sulut sudah 1,7 juta yang menjadi peserta BPJS Kesehatan. Itu berarti Pekerjaan Rumah (PR) bagi BPJS Kesehatan tidak banyak.
Terpisah, Walikota GSVL yang turut didampingi Kadis Kesehatan Manado dr Robby Mottoh menandaskan Pemkot Manado siap untuk mengintegrasikan program UC kedalam JPN-KIS BPJS Kesehatan.“Kita siap untuk mengintegrasikan program layanan kesehatan kita yang disebut UC kedalam JKN-KIS. Saya berharap, masyarakat Kota Manado sebagai bagian dari masyarakat Sulut bisa menjadi peserta JKN-KIS,” ujar pemimpin pilihan rakyat Manado itu.

Turut hadir sejumlah Walikota/Bupati di Sulut diantaranya, Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar, Bupati Minahasa Jantje W Sajouw, Walikota Bitung Max Lomban, Bupati Minahasa Utara Vonny A Panambunan, Bupati Minahasa Selatan Christiani Paruntu, Wakil Walikota Tomohon Sherly Sompotan, serta perwakilan kepala daerah lainnya.(*/man)

No comments

Powered by Blogger.