Header Ads

Kemanan dan Kekerasan Jadi Sorotan Warga



Jurnal, Manado - Siska RO. Mangindaan,SE. MSi, Minggu (11/12/2016), melaksanakan reses untuk hari pertama di masa reses III tahun 2016 di Kelurahan Teling Atas Lingkungan 2 Kecamatan Wanea Kota Manado. Legislator dapil Manado ini terima begitu banyak aspirasi dari warga setempat yaitu terkait beasiswa, THR, keamanan, kekerasan terhadap perempuan dan anak, limba Rumah Sakit dan Puskesmas.
Seperti yang disampaikan ibu Lione Kawengian Kaunang warga Teling Atas lingkungan 2, selama ini banyak anak sekolah tingkat SMA/SMK yang terpaksa putus sekolah karena tidak mampu bayar SPP senilai Rp.200 ribu per bulan.
"Padahal, anak-anak ingin sekolah tapi karena pekerjaan orang tua yang kebanyakan hanya buruh dan sopir jadi terlalu besar SPP 200 ribu per bulan. Apa ada solusi untuk itu, minimal ada pengurangan," ujar Lione.
Lain lagi yang disampaikan pak Joutje. Menurutnya, Tunjangan Hari Raya (THR) sangat diharapkan para pekerja, apalagi menyambut hari raya umat Kristen yaitu Natal dan Tahun Baru. " Apakah ada monitor dari dewan di dinas untuk THR?," tanya dia.
Dan setumpuk aspirasi disampaikan warga saat reses berlangsung.
Menanggapi pertanyaan tersebut, Legislator yang diusung Partai Demokrat dengan bijak menjawab satu per satu pertanyaan tersebut. Terkait apa solusi agar siswa/siswi tingkat SMA/SMK bisa melanjutkan pendidikan dikatakan Ika sapaan akrab Putri Wakil Ketua MPR RI EE. Mangindaan bahwa, untuk saat ini yang sedang digalang pemerintah yaitu beasiswa SI, S2, dan S3. Namun demikian dirinya akan melanjutkan aspirasi tersebut ke pihak terkait.
"Nanti diusulkan beasiswa untuk SMA dan SMK. Tapi akan di tampung dan berusaha menghubungi kepala sekolah bersangkutan untuk meminta keringanan bagi siswa yang kurang mampu namun memilillki kemampuan dan kemauan belajar," ucap Mangindaan.
Dan terkait THR bagi para pekerja dikatakan Mangindaan, wajib diberikan tiap perusahaan. " THR jadi keharusan perusahaan. Seminggu sebelum natal akan di cek ke perusahaan apakah sudah diberikan. Nanti akan dilakukan sidak dan dimintakan kerja sama dari para pekerja untuk memberikan informasi," tukas Mangindaan.
Di reses itu juga turut dihadiri kepala lingkungan 2 Trully Tendean. (bin)

No comments

Powered by Blogger.