Header Ads

Walikota Berharap KKB Dapat Menjadi Pioner


Walikota saat memberikan sambutan dalam kegiatan Tagana

Jurnal,Manado -  Curah hujan yang cukup tinggi akhir – akhir ini membuat warga was – was. Apalagi kota manado pernah terjadi banjir bandang yang membuat warga dalam ketakutan trauma yang mendalam.
Untuk itu, pemerintah kota manado terus berupaya melakukan pencegahan dan meminimalisir bencana. Salah satunya lewat simulasi penanggulangan bencana lewat petugas Taruna Siaga Bencana (Tagana)kecamatan Tikala.

Foto bersama Walikota dan tim Tagana Kec. Tikala
Dengan dilakukannya pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) Tikala Cerdas, Kecamatan Tikala, Jumat (2/12/2016) sore tadi, di lapangan Kampung Malvinas, Kelurahan Paal Empat.
Simulasi yang melibatkan seluruh personil penanganan bencana dibawah kendali Dinas Sosial (Dinsos) Kota Manado.

Tim Tagana Kec. Tikala usai melakukan aksi
Pembina apel siaga bencana, Walikota Manado DR G.S Vicky Lumentut menyambut baik pembentukan KSB khususnya di Kecamatan Tikala. Menurutnya, pembentukan KSB sangat penting untuk membantu pemerintah dalam penanganan bencana secara cepat dan tanggap. Apalagi, yang dilatih adalah anggota masyarakat yang dinilai terampil.

GSVL saat menyaksikan aksi simulasi tim Tagana
“Di Kampung Siaga Bencana ini akan dilatih bagaimana merencanakan untuk siaga bencana, bagaimana mengorganisir dan menangani ketika terjadi bencana. Siapa melakukan apa ketika ada bencana. Ini proses-proses yang akan diberikan pemerintah lewat Dinas Sosial kepada mereka yang masuk komunitas kampung bencana,” ujar Walikota GSVL, dihadapan peserta apel yang tetap bertahan meski sempat turun hujan.
Walikota GSVL berharap, KSB dapat menjadi pioneer dalam upaya menjaga lingkungan serta tidak merusak alam terutama sungai.
“Sungai adalah ciptaan Tuhan, jangan dihalangi jalan airnya. Kalau jalan air dihalangi dia akan cari jalan sendiri, akibatnya bisa timbulkan bencana,” kata Walikota GSVL
Tampak hadir Kepala Dinsos Manado Frans Mawitjere SH, Camat Tikala M Sofyan serta unsur Tripika Kecamatan Tikala.(adv)

No comments

Powered by Blogger.