Header Ads

BPK Yakin GSVL Akan Jadi Legenda Walikota Terbaik



Jurnal,Manado - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) DR Harry Azhar Azis MA, yakin jika seluruh pejabat Perangkat Daerah (PD) di Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melaksanakan Komitmen 953 maka Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA akan menjadi salah satu legenda Walikota terbaik di Indonesia.

Hal itu dikatakan Ketua BPK RI saat menghadiri jamuan makan malam yang dilaksanakan Walikota GSVL dan isteri Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA yang juga Rektor Universitas Negeri Manado (Unima), di rumah dinas Walikota Manado, kawasan Bumi Beringin, Kecamatan Wenang, Kamis (19/01/2017) malam.
Menurutnya, Walikota GSVL memiliki komitmen yang tinggi untuk menjadikan pemerintahan di Manado sebagai pemerintahan yang bersih dan taat aturan, sehingga perlu mendapat dukungan dari PD yang ada. "Saya yakin jika Komitmen 953 dilaksanakan dengan baik, Pak Walikota Vicky akan menjadi salah satu legenda Walikota terbaik di Indonesia. Termasuk pengelolaan administrasi dan anggaran akan berjalan dengan baik sesuai aturan," tandasnya, didampingi Ketua BPK Perwakilan Sulawesi Utara Endang Tuti Kardiani SE MM.

DR Harry juga berterima kasih atas undangan makan malam Walikota GSVL dan Rektor Unima. "Saya berani datang makan malam di rumah dinas Walikota ini, karena bukan dalam rangka pemeriksaan. Jadi saya merasa terhormat, terima kasih Pak Walikota dan Ibu Rektor," kata Ketua BPK sambil tersenyum.

Dilain sisi, DR Harry menandaskan auditor yang melakukan pemeriksaan terhadap keuangan Pemerintah Daerah, tidak perlu dibayar. Sehingga, jika ada pegawai BPK yang meminta atau menerima sesuatu terkait tugasnya, dirinya mempersilahkan untuk dilaporkan agar ditindaklanjuti sebagai bentuk pelanggaran.

"Saya tegaskan disini, tidak diperkenankan pemeriksa atau siapa saja di BPK yang melakukan tugas pemeriksaan untuk meminta ataupun menerima bayaran, kalau ada silahkan dilaporkan karena ada sanksinya," ujar Ketua BPK.
Menyangkut pemberian opini terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) daerah, selaku Ketua BPK RI dirinya tidak boleh melakukan intervensi karena hal itu merupakan wewenang pemeriksa. "Saya berharap opini yang diperoleh sesuai dengan fakta hasil pemeriksaan yang dilakukan teman-teman BPK di daerah. Dan saya tidak akan pernah intervensi, dan semoga Kota Manado bisa terus mempertahankan predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang sudah diraih selama ini, " tandasnya.

Jamuan makan malam berlangsung sederhana dengan suasana penuh keakraban. Sebagai tuan rumah, Walikota GSVL menyatakan terima kasih atas kehadiran Ketua BPK RI. Bahkan, informasi yang diterima menyebutkan jika hal ini merupakan yang pertama Ketua BPK RI datang ke rumah dinas Walikota.

"Ini suatu kehormatan bagi kami di Pemkot Manado, Ketua BPK datang di rumah dinas Walikota. Terima kasih atas kehadirannya Pak," tandas Walikota GSVL.

Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL ikut memperkenalkan tagline dan slogan baru di Pemkot Manado yakni "Komitmen 953" yang intinya untuk pelayanan ke tengah masyarakat benar-benar prima atau maksimal.Turut hadir Plt Sekretaris Kota Manado Drs Rum Dj Usulu, para Asisten, serta pimpinan PD di jajaran Pemkot Manado.(man)

No comments

Powered by Blogger.