Header Ads

35 M Untuk Bangun RS Daerah Tomohon Tipe D


Walikota Saat Melakukan Groud Breaking

Jurnal,Tomohon - Peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit daerah Kota Tomohon yang berlokasikan di kelurahan Tumatantang satu Kecamatan Tomohon Selatan dilaksanakan hari ini rabu (22/02/2017). Ibadah dipimpin Ketua BPMJ GMIM Getsemani Lansot Pdt Wowor Turang STh.

Kadis Kesehatan Daerah Kota Tomohon Dr Deesje Liuw M Biomed menjelaskan, maksud dan tujuan pembangunan rumah sakit ini yakni untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama masyarakat miskin dan tidak mampu, serta untuk menyediakan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat.
"Luas bangunan 2.678 meter bujur sangkar, dibangun diatas tanah seluas 1,7 hektar dengan waktu pekerjaan 270 hari kalender" ujar Liuw.
"Dana pembangunan rumah sakit ini merupakan dana DAK dari pemerintah pusat, sebesar Rp 35.000.000.000 dengan rincian pembangunan fisik Rp 21.708.500.000, peralatan kesehatan Rp 12.791.500.000, perencanaan dan pengawasan Rp 500.000.000, untuk lahan merupakan milik pemerintah Kota Tomohon,"ucap Liuw.

Sementara itu, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kota Tomohon merupakan salah satu daerah dari 10 daerah di Indonesia yang menerima alokasi dana untuk pembangunan Rumah Sakit Daerah pratama tipe D . Untuk itu Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon mengucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi terhadap pemerintah pusat dalam hal ini Presiden RI Joko Widodo melalui kementerian kesehatan, yang telah mengalokasikan dana untuk pembangunan Rumah Sakit Daerah.
"Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat dalam menunjang program pemerintah daerah dalam merealisasikan program Nawa Cita khususnya di bidang kesehatan,"terang Walikota.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap Forkopimda Kota Tomohon yang senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Kota Tomohon sehingga pembangunan Rumah Sakit ini boleh terlaksana.
"Dengan akan hadirnya Rumah Sakit Daerah Pratama ini akan memberikan tantangan bagi pemerintah kota Tomohon khususnya jajaran dinas kesehatan dalam meningkatkan pelayanan publik. Apalagi kehadiran rumah sakit ini juga salah satunya untuk menunjang program BPJS. Untuk itu saya mengingatkan kepada seluruh jajaran dinas kesehatan untuk senantiasa mengedepankan pelayanan yang baik bagi masyarakat,  karena perlu kita semua tahu bahwa sebagai pemerintah yang melayani maka "kehormatan kami adalah melayani masyarakat," tegas Eman. Sembari  berharap pekerjaan proyek akan tuntas tepat waktu.

Dalam Kesempatan itu Walikota Tomohon memantau lokasi pembangunan rumah sakit. Tampak hadir ketua DPRD Ir Miky Wenur, Kapolres AKBP Monang Simanjuntak SIK, Kajari Tomohon Mohammad Nur SH MH, anggota DPRD Katerina Poli, Syeni Supit, bersama para pejabat jajaran Pemkot.(Michael)

No comments

Powered by Blogger.