Header Ads

Bororing : Tahun Depan Sulut Tak Butuh Suplay Milu Lagi


Kadis Pertanian Arie Bororing Saat Mempresentasikan Program Swasembada Jagung

Jurnal,Manado - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut, Arie Bororing memaparkan rencana kerja aksi pengembangan jagung di tahun 2017.
Menurutnya, yang menjadi sasaran dalam produksi jagung dengan luas tanam 400.811 Ha, dimana luas panen 380,769 Ha, dengan produksi 1,433,067 ton. Dengan area penanaman terbagi dibeberapa daerah.
"Bantuan sarana produksi jagung lebih besar di Kabupaten Bolmong karena mereka memiliki 94 hektar lahan," rinci Bororing kepada peserta yang hadir diantaranya pihak Kodam, Dinas Pangan, Dinas Perkebunan, Kadin, staf ahli, Bulog dan masyarakat penanam jagung. Sembari menambahkan, langkah operasional yang akan dilakukan dengan penetapan organisasi pelaksanaan kegiatan tingkat provinsi dan kabupaten/kota serta identivikasi dan penetapan CPCL serta nantinya akan dilakukan pertemuan koordinasi teknis dan sosialisasi.
Sementara untuk tenaga kerjadiakuinya membutuhkan sekira 1,2 juta tenaga dan nantinya akan menghasilkan 4 – 5 ton per Ha, dengan produksi sebanyak 1,2 s/d 1,5 juta ton pipilan kering.
“Dengan demikian maka sulut akan terbebas dari import milu,”pungkas Bororing.(man)

No comments

Powered by Blogger.