Header Ads

DKP Mitra Genjot Produksi Perikanan Air Tawar


Para Petani Saat Menggarap Sawah

Jurnal, Ratahan - Pemerintah Pusat melalui Dinas Kelautan (DKP)  dan Perikanan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus berupaya untuk meningkatkan produksi perikanan air tawar lewat program Mina Padi.

Kepala DKP Mitra Jhoni Ronsul mengatakan, Program Mina Padi menjadi sasaran untuk peningkatan produksi perikanan air tawar  khusus Ikan Nila dan Mas.

"Kecamatan Tombatu Timur merupakan daerah yang paling potensi dalam pengembangan Program Mina Padi," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (distanak)  Kabupaten (Mitra)  Elly Sangian saat di konfirmasi terkait dampak dari program Mina Padi mengatakan, terkait program tersebut tidak akan berdampak signifikan dalam produksi padi. "Program Mina Padi sangat diuntungkan untuk petani,  karena selain ada panen padi akan disertai dengan panen ikan, "ujarnya  diruang kerja rabu 8/3.

Dijelaskan Sangian, untuk swasembadah beras pada tahun 2017 ditargetkan 20 ton beras sedangkan Konsumsi masyarakat di mitra ada sekitar 15 ton."Jadi Program Mina Padi tidak akan berpengaruh karena kawasan pengembangan tersebut hanya ada di daerah Tombatu Timur, apa lagi daerah tersebut memang sangat potensi dengan kelimpahan pengairan yang memadai," terangnya. (hak)

No comments

Powered by Blogger.