Header Ads

LKPJ dan LPPD Jadi Tolok Ukur Kinerja Kepala Daerah


Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jemmy Kumendong

Jurnal,Manado – Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jemmy Kumendong mengatakan, penyusunan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) sangat penting sebab berkaitan erat dengan keberhasilan kepala daerah.

Demi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembuatan laporan maka pihaknya menyelenggaran Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2016.

“Kegiatan ini bagaimana kita melakukan falidasi terkait laporan yang telah dibuat oleh SKPD se- Provinsi,”terang Kumendong, saat diwawancrai sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin (20/03/2017). Sembari menambahkan, LKPJ berkaitan erat dengan Gubernur dan Wakil Gubernur karena mengukur kinerja yang telah kepala daerah laksanakan.

Selain LKPJ, lanjut Kumendong, ada lagi laporan yang akan diserahkan kepada Presiden lewat Menteri Dalam Negeri yaitu Laporan Pertanggung Jawaban Pemerintah Daerah (LPPD). Laporan ini akan dinilai pemerintah pusat bagaimana kinerja gubernur dan wakilnya selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah.   
“Indikatornya harus dipenuhi, sejauh mana daerah selesaikan target yang diberikan pemerintah pusat diantaranya standart pelayanan minimal (SPM),”jelas Karo sembari mencontohkan, terkait bidang kesehatan yaitu angka kematian terhadap ibu yang melahirkan, pendidikan usia wajib belajar dan infrastruktur. Adalagi Standart Pelayanan Publik (SPB) oleh masing – masing SKPD.
“Yang paling penting adalah harmonisasi antara Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Provinsi dengan target 40 persen LPPD dari kabupaten/kota,”pungkasnya.(man)

No comments

Powered by Blogger.