Iklan

March 15, 2017, 08:03 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:58:34Z
Mitra

Poktan Tak Aktif Bakal Dibekukan

Jurnal, Ratahan - Dari Data sistim manajen informasi penyuluhan pertanian (SMIPP) kelompk tani di kabupaten minahasa tenggara tercatat 1088.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (distanak)  kabupaten mitra Elly Sangian melalui kepala bidang penyuluhan Audy Rondo diruang kerjanya, Rabu (15/3) menyampaikan, Saat ini instansinya sedang sementara melakukan pendataan kembali. "Untuj memastkan jumlah yang pasti maka kami melalui penyuluh lapangan sedang melakukan verifikasi kembali,".ungkapnya.

Dirinya menjelaskan bahwa data yang ada di SMiPP belum akurat dikarenakan masih tercatat dengan kelompok-kelompok yang sudah lama. "Ada kemungkinan data akan berubah, karena banyak kelompok tani (poktan) yang terdaftar di SMIPP sudah tidak aktif,apalagi kalau pengukuhannya sejak dibawah tahun 2010," terang Rondo.

Rondo menuturkan melalui penyuluh lapangan hasil veridikasi akan diketahui. "Jika ditemui ada yang tidak aktif akan dihilangkan atau dibekukan, demikian juga pasri ada poktan yang belum terdata di SMIPP pastikan akan ditambahkan, " tuturnya.

Ditambahkannya kedepan semua poktan yang sudah terverifikasi dan terdata di SMIP bisa mengajukan permohonan bamtuan. "Poktan yang sudah terinput Di SMIPP akan dilayani, dan bwrhak untuk mendapatkan bantuan," tambah Rondo. (hak)