Header Ads

Selain Jaga NKRI, TNI Bantu Pemerintah Wujudkan Swasembada Pangan


Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito

Jurnal,Manado – Tentara Nasional Indonesia (TNI) bukan saja hanya sebagai penjaga keamanan dan keutuhan di NKRI namun TNI juga berperan penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Hal ini terlihat bagaimana sinergitas TNI bersama Kementrian Pertanian  dalam peningkatan produksi komoditi pertanian di daerah – daerah.

Dikatakan  Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, saat ini Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) di sulut selalu siaga membantu menyelesaikan permasalahan petani. Selain itu, juga aktif melakukan koordinasi dengan gabungan kelompok tani (gapoktan) di daerah setempat. Babinsa siap terjun untuk mengawal dan mendampingi para gakpoktan dalam rangka meningkatkan Swasembada pangan.

“Sesuai UU Nomor 34/2004 tentang TNI, memang Tugas Pokok TNI selain melaksanakan OMP (Operasi Militer untuk Perang) juga melaksanakan OMSP (Operasi Militer Selain Perang), yang salah satunya membantu Pemerintah Daerah. Keterlibatan TNI/TNI AD ikut terjun ke sawah adalah dalam rangka mendukung program pemerintah mewujudkan swasembada pangan. Jadi, hal tersebut sangat konstitusional, dan tentunya yang kita harapkan melalui keterlibatan TNI/TNI AD dalam OMSP, tetap akan dapat membina, memelihara dan meningkatkan profesionalisme kemiliterannya,”terang Panglima.

Seperti diketahui bahwa saat ini ada ribuan hektar lahan di sulawesi yang digarap TNI dan telah bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/kota.

Sebelumnya, Kadis Pertanian dan Peternakan  DR. Ir. Arie Bororing, ,mengatakan jika saat ini akan digarap lahan sekira 3000 hektar.
"Ada 8 kabupaten/kota yang akan menyediakan lahan dan nantinya akan digarap. Termasuk lahan petani yang tidak digarap akan dimanfaatkan,"kata Bororing.(man)

No comments

Powered by Blogger.