Header Ads

Wagub Ingatkan Pelestarian Budaya Lokal Indikator Pembangunan

Wagub didampingi Kadis  PMD-DD Roy Mewoh  
Jurnal, Manado - Salah satu indikator terwujudnya visi pembangunan 2016 - 2021 yaitu mewujudkan Sulawesi Utara yaitu pelestarian budaya dan pengembangan budaya lokal.

"Berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik dan berkepribadian dalam budaya. Untuk itu upaya pelestarian maupun pengembangan adat istiadat dan nilai sosial budaya di Sulawesi Utara harus dimulai dari desa atau masyarakat desa," terang Wakil Gubernur Drs. Steven O.E Kandouw dalam kegiatan Diseminasi Pelestarian Adat Istiadat dan Budaya Lokal di Sulut yang diadakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah (DPM-DD) di Hotel Aryaduta Manado, Senin (20/3/2017).

Kita harus memantapkan kesadaran dalam upaya menjaga nilai, adat-istiadat dan kebiasaan yang telah tumbuh dalam praksis kultural di daerah ini agar tetap lestari dan tidak hilang, jelas Kandouw.
 Ia juga mengingatkan pentingnya semangat dalam melestarikan adat istiadat dan budaya lokal di daerah.

Sementara Kepala Dinas PMD-DD Drs. Roy Mewoh   selaku pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan ini mendorong pemerintah desa untuk membentuk lembaga adat. "Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pemerintah desa untuk membentuk lembaga adat sebagai mitra kerja pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan," ujarnya.

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti 11 kabupaten dan satu kota yaitu kota kotamobagu dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang yang terdiri dari unsur Dinas PMD-DD kabupaten dan kota, kepala desa dan pemerhati budaya.(man)



No comments

Powered by Blogger.