Header Ads

Pansus LKPJ Minta DKP Sulut Salurkan Bantuan Tepat Sasaran

Jurnal,  Manado-Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur Tahun Anggaran (TA) 2016 merekomendasikan dalam laporan Pansus agar Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) harus komprehensif sehingga penyaluran bantuan sarana dan prasarana tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukkannya, khususnya kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Salah satu contoh, ketika pansus melakukan peninjauan lapangan di Bolaang Mongondouw. Bantuan perahu ketinting dari DKP yang ada di Desa Inobonto terlihat hanya menganggur di pinggiran pantai. 


Tidak hanya itu, Pansus juga meminta pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) untuk selalu bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kota. Pasalnya bantuan yang diberikan DKP dinilai kurang berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota.


Terkait hal tersebut Ronald Sorongan selaku kepala Dinas Kelautan dan Perikanan menjelaskan jika ditemukan penerima bantuan yang tidak memaanfaatkan bantuan unit perahu tdengan sebagaimana mestinya, pihaknya tak segan-segan untuk menarik unit perahu tersebut. 


"Nah kalau 6 bulan mereka tidak gunakan sesuai perjanjian kami bisa pindahkan untuk KLPK lain" jelas Sorongan saat diwawancarai JurnalManado. Com, Rabu (26/4)


Meski demikian, dirinya memberi contoh salah satu Penerima bantuan yang ada di daerah kepulauan tepatnya di Kecamatan Tamako Kabupaten Sangihe dimana KLPK penerima bantuan benar-benar memanfaatkan unit perahu dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) sembari memperlihatkan bukti-bukti foto hasil tangkapan nelayan yang melaut dengan menggunakan perahu bantuan DKP. (Bin) 

No comments

Powered by Blogger.