Header Ads

Pemdes dan Warga Esandom Raya Giatkan Mapalus

Jurnal, Ratahan-Untuk menjaga bahkan melestarikan budaya adat Gotong Royong atau dikenal dengan Mapalus terua di pacu Pemerintah Desa Esandom Raya Kecamatan Tombatu Timur. 

Hukum Tua Desa Esandom Robby Rumbay Mengatakan kegiatan-kegiatan desa baik kerja bakti dan kegiatan sosial masyarakat lainnya terus dioptimal. "Kami Pemeintah Desa (Pemdes)  selalu mengajak agar budaya atau tradisi yang sejak lama ini terua dipertahankan guna melestarikan adat minahasa yang berguna dan sangat baik ini, " ujarnya. 

Senada disampaika Hukum Tua Desa Esandom Dua Jopie Dumnondor menambahkan bahwa apa yang sudah diterapkan oleh peria kampung sejak dahulu ini harus dipertahankan. "Demi kelangsungan kehidupan bersosial masyarakat saling topang satu sama lain,  dan semua dampaknya kepada warga esandom,  baik dalam mapalus tenaga,uang dan kegiatan suka maupun duka, " tambahnya. 

Untuk itu Hukum Tua Desa Esandom Satu Doni Rondonuwu pun mengajak agar semua warganya yang ada di Esandom Raya terus bersatu bergandengan tangan mewujudkan kehidupan yang bersosial guna menolong orang yang lemah tak berdaya serta menjadikan budaya mapalus yang harus terus dipertahankan untuk genarasi selanjutnya."Ini harus dipertahankan,  apalagi anak cucu kita,  harua terus di latih untuk tetap dipertahankan selamanya.," tutupnya. (hak) 

No comments

Powered by Blogger.