Iklan

April 5, 2017, 05:42 WIB
Last Updated 2017-04-05T12:42:33Z
Tomohon

Peningkatan Pelayanan Publik Bagian Program EMAS


Jurnal,Tomohon - Dialog Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tomohon dengan para camat, lurah dan perangkat kelurahan se-Kota Tomohon digelar di aula rumah dinas walikota, rabu (5/4/17).

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak didampingi Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan mengatakan unsur perangkat kelurahan merupakan ujung tombak pemerintahan untuk itu diharapkan terus meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat. "Pelaksanaan sistem pemerintahan  saat ini akan dibarengi dengan pelaksanaan melalui sistem aplikasi komputer, atau secara elektronik, sehingga para perangkat kelurahan diharapkan dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, artinya harus terus belajar mengenai pengenalan komputer, karena hal ini akan menunjang kinerja perangkat yang nantinya pengurusan administrasi di kelurahan akan dilakukan melalui aplikasi komputer", jelas Eman.

Dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Pemerintah Kota Tomohon sementara melengkapi pembangunan gedung kantor pelayanan publik yang waktu lalu sebagai kantor walikota.
"Dibangunnya kantor pelayanan publik ini dalam rangka efektifitas dan efisiensi pelayanan kepada masyarakat, pembangunan ini juga merupakan salah satu dari kelanjutan atau realisasi dari Program EMAS Pemerintah Kota Tomohon yaitu Merubah Wajah Kota diantaranya perubahan dari Kantor Walikota menjadi Kantor Pelayanan Publik” ucap Eman.

"Untuk melengkapi pelayanan kepada masyarakat nantinya kami sementara mempersiapkan beberapa bus untuk menunjang  transportasi para masyarakat untuk menjangkau kantor pelayanan publik, bus akan beroperasi mulai jam 8 pagi sampai jam 2 sore", tambahnya.

Diungkapkannya untuk launching kantor pelayanan publik rencananya dilaksanakan pada Agustus tahun ini.Lebih dari itu Eman mengatakan pihaknya melalui instansi terkait akan melengkapi cctv disetiap kelurahan dan ditiap pintu masuk Kota Tomohon sehingga segala aktivitas di kelurahan dan di tiap pintu masuk Kota akan terpantau.
Disinggung pula kaitannya dengan pariwisata, rencananya di kelurahan Rurukan akan dibangun taman bunga wisata.

ketua Pengadilan Negeri Tondano Julien Mamahit SH MH pada kesempatan itu mengharapkan kepada perangkat dan seluruh masyarakat yang ada untuk tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum.

Sementarab itu Kasdim Mayor cpl Franky Kallo mewakili Dandim 1302 Minahasa berharap para perangkat bersama masyarakat untuk dapat menjaga keamanan dan ketertiban. "Kalau ada masalah dilingkungan dapat berkoordinasi dengan babinsa di kelurahan", kata Kallo.

Saat bersamaan Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang menjelaskan kaitannya dengan hoax atau beritanl palsu "kita sebagai masyarakat harus dapat membedakan berita yang benar dan berita palsu, dan hendaknya kita jangan membuat suatu berita yang tidak benar terlebih di medsos yang nantinya meresahkan masyarakat/para pembaca", ujar Lolowang.(Michael)