Iklan

April 25, 2017, 15:12 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:58:34Z
Mitra

Peringati Hari OTDA, ASN Di Minta Fokus Pelayan Prima

Jurnal, Ratahan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara( Mitra ) peringati hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-XXI Tahun 2017 bertempat di halaman kantor bupati, Selasa (25/04) di pimpin Asisten I Drs. G.H Mamahit mewakili Bupati James Sumendap SH.
Dalam sambutannya ketika membacakan amanat Menteri dalam Negeri Republik Indonesia menyatakan bahwa pelakasanaan otonomi daerah, Pemerintah daerah harus senantiasa fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan rakyat, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing perekonomian daerah. Inilah tujuan utama otonomi daerah yang harus menjadi prioritas kebijakan daerah pada setiap pemerintah daerah di Indonesia.
Lebih lanjut dibacakannya bahwa tema hari otda  ke XXI tahun 2017 ini adalah “ Dengan semangat otonomi daerah, kita tingkatkan kinerja pelayanan publik melalui E- Goverment"
Pemerintah daerah juga ditegaskan tentang penggunaan tehnologi dan komunikasi dalam rangka pelayanan publik, “ Hal ini diatur dalam undang- undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah,  bahwa pemda dapat memanfaatkan tehnologi informasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik, olehnya pemda senantiasa berinisiatif untuk mengelola pelayanan publik berbasis elektronik- govermment”, tegas Mamahit. 
Disampaikan Mamahit, Pemda juga perlu memperhatikan capaian kinerja, merupakan kewajiban pemda untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, “Manfaatkan seluruh potensi sumber daya daerah dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan  pemerintahan dengan melibatkan seluruh warga mayarakat dan kalangan dunia usaha," ujarnya. 
Pada kesempatan itu pula asisten I menyampaikan lima arahan pokok berkenaan dengan peringatan hari otda ke-XXI tahun 2017 sebagai berikut : Pertama, guna mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah, harus senantiasa terjaluin hubungan harmonis antara kepala daerah dan DPRD temasuk FORKOPIMDA. Kedua, tingkatkan kualitas tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan profil PEMDA yang bersih melalui reformasi birokrasi serta peningkatan kapasitas dan integritas penyelenggara pemerintah daerah. Ketiga, prioritaskan program pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Keempat,tingkatkan daya saing perekonomian daerah ditengah percaturan ekonomi global dan regional.Kelima, tingkatkan keterbukaan informasi publik melalui pelayanan informasi dan dokumentasi publik di lingkungan pemda.(hak)